Penyakit umum ikan cupang



Penyakit yang menyerang cupang umumnya penyakit parasiter dan nonparasiter. Penyakit parasiter disebabkan parasit berupa jamur, bakteri, virus yang menyerang organ dalam dan luar tubuh. Sementara penyakit nonparasiter bersumber dari faktor lingkungan, misalnya pH dan dH yang tidak stabil, air kotor hingga menyebabkan minimnya oksigen yang terlarut didalam air.
Whitespot
Penyebabnya adalah cendawa Ichthyopthirius multifiliis. Ikan akan berenang seperti tersentak-sentak, ikan sering mengosok-gosokan tubuhnya kedinding wadah dan tubuh terdapat banyak titik putih seperti butiran garam dapur.
*Perendaman dengan air yang dilarutkan dengan Mythylene blue selama 5 hari dan penjemuran matahari pagi bisa mengatasi penyakit ini.
Velvet
Penyebabnya parasit famili Dinoflagellate, yaitu Oodinium pillularis yang berukuran dibawah 15 mikron. Ikan akan lebih sering berdiam diri dipermukaan air, ekor menguncup, tubuh diselaputi lendir dan tubuh pucat.
*Perendaman dengan air yang terlarut obat antibakterial dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit ini.
Dropsy
Penyebabnya adalah Salmonella sp dan virus-virus yang tidak dikenali. yang terbawa oleh pakan yang kurang higienis atau air yang kurang bersih. Ciri-ciri umum sisik ikan seperti berdiri layaknya kulit
biji salak dan ikan akan kesulitan membuat kotoran hingga perut ikan akan membesar.
*Sulit menyembuhkan ikan yang terserang penyakit ini. 
Cacingan
Penyebabnya parasit golongan cacing Nematoda, yaitu Ascaris Lumbricoides. Yang tertular melalui pakan yang kurang higienis.
*Perendaman dengan obat anti cacing seperti wormx dsb selama 4-7 hari dapat menyembuhkan penyakit ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true