RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 1 Semester 2

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

I / 2

Standar Kompetensi

7. Mengenal dua kalimat syahadat

Kompetensi Dasar

7.3  Menghafalkan dua kalimat syahadat

Alokasi Waktu

3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )



Tujuan Pembelajaran**  :

1.           Siswa dapat menghafalkan dua kalimat syahadat dengan lancar dan benar

2.           Siswa dapat mengamalkan dua kalimat syahadat dalam shalat

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran :   

1.           Syahadat.

 

Metode Pembelajaran    :

1.         Siswa menghafalkan dua kalimat syahadat secara klasikal, kelompok dan individu

2.         Siswa berlatih untuk mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan

F Apersepsi : melafalkan dua kalimat syahadat secara klasikal dan kelompok

F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

2.    Kegiatan Inti         

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat menghafalkan dua kalimat syahadat dengan lancar dan benar

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat bersama-sama

F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat secara berkelompok

F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat secara individu

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa melakukan aktivitas. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut

F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri

F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru

F Siswa mengerjakan latihan serta menulisnya di buku tugas untuk dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Teks lafal dua kalimat syahadat pada karton atau papan tulis

2.    Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis

3.    Buku-buku lain yang relevan

4.    Alquran (Juz Amma)

5.    Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan

6.    Pengalaman guru

7.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh  Instrumen / Soal

Ø  Menghafalkan dua kalimat syahadat

 

Ø  Mengamalkan dua kalimat syahadat dalam salat

 

Tes lisan

 

 

Tes lisan

 

Hafalan

 

 

Hafalan

1.           Hafalkan dua kalimat syahadat beserta artinya! 

 

2.           Amalkan dua kalimat syahadat secara rutin!

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

 

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………


RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 1 Semester 2

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

I / 2

Standar Kompetensi

7. Mengenal dua kalimat syahadat

Kompetensi Dasar

7.2  Mengartikan dua kalimat syahadat

Alokasi Waktu

3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )



Tujuan Pembelajaran**  :   

1.       Siswa dapat mengartikan dua kalimat syahadat dengan tepat

2.       Siswa dapat memahami makna yang terkandung dalam syahadat tauhid dan syahadat rasul

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran :   

1.       Syahadat.

 

Metode Pembelajaran    :   

1.       Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang arti dua kalimat syahadat

2.       Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang makna yang terkandung dalam syahadat tauhid dan syahadat rasul

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan

F Apersepsi : melafalkan dua kalimat syahadat secara klasikal, kelompok dan individu

F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

2.    Kegiatan Inti         

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang arti dua kalimat syahadat

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa mengartikan dua kalimat syahadat bersama-sama dan individu

F Siswa secara individu melafalkan dua kalimat syahadat beserta artinya

 

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mengadakan tanya jawab tentang makna yang terkandung dari syahadat tauhid dan syahadat rasul

F Siswa menulis bunyi dua kalimat syahadat dengan huruf latin di buku tugas

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Teks lafal dua kalimat syahadat pada karton atau papan tulis

2.    Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis

3.    Buku-buku lain yang relevan

4.    Alquran (Juz Amma)

5.    Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan

6.    Pengalaman guru

7.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian Target

Penilaian

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh  Instrumen

Ø  Mengartikan dua kalimat syahadat

Tes tulis

Jawaban singkat

1. Apa arti syahadat

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

 

 

 

 

 

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.



Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………


SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=t...