RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
Mata Pelajaran |
: Pendidikan Agama Islam |
Kelas / Semester |
: I / 2 |
Standar Kompetensi |
: 7. Mengenal dua kalimat syahadat |
Kompetensi Dasar |
: 7.3 Menghafalkan dua kalimat syahadat |
Alokasi Waktu |
: 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan ) |
Tujuan Pembelajaran** :
1.
Siswa dapat menghafalkan dua kalimat syahadat dengan lancar dan benar
2.
Siswa dapat mengamalkan dua kalimat syahadat dalam shalat
Karakter
siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran :
1.
Syahadat.
Metode Pembelajaran :
1.
Siswa menghafalkan dua kalimat syahadat secara klasikal, kelompok dan
individu
2.
Siswa berlatih untuk mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
F
Apersepsi
: melafalkan dua kalimat syahadat secara klasikal dan kelompok
F
Motivasi :
menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus
dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menghafalkan dua kalimat syahadat
dengan lancar dan benar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
melafalkan dua kalimat syahadat bersama-sama
F
Siswa
melafalkan dua kalimat syahadat secara berkelompok
F
Siswa melafalkan dua
kalimat syahadat secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
melakukan aktivitas. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus
dipersiapkan dan dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut
F
Siswa
diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan
menggunakan bahasa sendiri
F
Siswa
menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa mengerjakan latihan serta menulisnya di buku tugas
untuk dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks
lafal dua kalimat syahadat pada karton atau papan tulis
2. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis
3. Buku-buku
lain yang relevan
4. Alquran
(Juz Amma)
5. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman
guru
7. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Contoh
Instrumen / Soal |
Ø
Menghafalkan dua kalimat syahadat Ø
Mengamalkan
dua kalimat syahadat dalam salat |
Tes lisan Tes lisan |
Hafalan Hafalan |
1.
Hafalkan
dua kalimat syahadat beserta artinya! 2.
Amalkan
dua kalimat syahadat secara rutin! |
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk
( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar *
semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama Partisipasi |
*
bekerjasama *
kadang-kadang kerjasama *
tidak bekerjasama *
aktif berpartisipasi *
kadang-kadang aktif *
tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk
Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN………. ………………………… NIP. …………………… |
Kota Jantho, 20…… Guru Mata Pelajaran PAI ……………………………….. NIP. …………………………… |