RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
Mata Pelajaran |
: Pendidikan Agama Islam |
Kelas / Semester |
: I / 2 |
Standar Kompetensi |
: 6. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran |
Kompetensi Dasar |
: 6.2 Menghafal QS An Nasr dengan lancar |
Tujuan Pembelajaran** :
1.
Siswa dapat melafalkan surah An Nasr dengan benar
2.
Siswa dapat menghafalkan surah An Nasr dengan lancar dan benar
3.
Siswa dapat membiasakan membaca surah An Nasr
Karakter
siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran :
1.
Surah An Nasr
Metode Pembelajaran :
1.
Siswa melafalkan surah An Nasr secara klasikal dan berkelompok
2.
Siswa mehafalkan surah An Nasr secara berkelompok dan individu
3.
Siswa membiasakan membaca surah An Nasr dalam kesempatan-kesempatan lain
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : menghafalkan surah An Nasr dan isi
kandungannya serta keistimewaannya
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan
dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafal surah An Nasr
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan surah An Nasr secara klasikal, kelompok
dan individu mengikuti bacaan guru
F Siswa mengulang-ulang lafal surah An Nasr secara kelompok
dan individu
F Siswa yang telah menguasai bahan hafalan, tampil ke
depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Guru memberi tugas siswa untuk menulis lafal
surah An Nasr di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan
lafal surah An Nasr pada karton atau papan tulis
2. Alquran
(Juz Amma)
3. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis
4. Buku-buku
lain yang relevan
5. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman
guru
7. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Penilaian |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh
Instrumen |
|
Ø Melafalkan
Surah An Nasr Ø Menghafalkan Surah An Nasr dengan lancar dan benar Ø Membiasakan
membaca Surah An Nasr |
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan |
Pelafalan
Hafalan
Hafalan
|
1. Lafalkan
Surah An Nasr 2. Hafalkan
Surah An Nasr 3. Amalkan
Surah An Nasr secara rutin! |
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk
( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar *
semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1.
2. |
Kerjasama
Partisipasi |
*
bekerjasama *
kadang-kadang kerjasama *
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi *
kadang-kadang aktif *
tidak aktif |
4 2 1
4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk
Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN………. ………………………… NIP. …………………… |
Kota Jantho, 20…… Guru Mata Pelajaran PAI ……………………………….. NIP. …………………………… |