RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 1 Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

I / 2

Standar Kompetensi

6. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran

Kompetensi Dasar

6.2 Menghafal QS An Nasr dengan lancar

 

Tujuan Pembelajaran**  :   

1.       Siswa dapat melafalkan surah An Nasr dengan benar

2.       Siswa dapat menghafalkan surah An Nasr dengan lancar dan benar

3.       Siswa dapat membiasakan membaca surah An Nasr

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran :   

1.       Surah An Nasr

 

Metode Pembelajaran    :   

1.       Siswa melafalkan surah An Nasr secara klasikal dan berkelompok

2.       Siswa mehafalkan surah An Nasr secara berkelompok dan individu

3.       Siswa membiasakan membaca surah An Nasr dalam kesempatan-kesempatan lain

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan

F Apersepsi : menghafalkan surah An Nasr dan isi kandungannya serta keistimewaannya

F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

2.    Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa menghafal surah An Nasr

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa melafalkan surah An Nasr secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru

F Siswa mengulang-ulang lafal surah An Nasr secara kelompok dan individu

F Siswa yang telah menguasai bahan hafalan, tampil ke depan kelas

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru

F Guru memberi tugas siswa untuk menulis lafal surah An Nasr di buku tugas

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Tulisan lafal surah An Nasr pada karton atau papan tulis

2.    Alquran (Juz Amma)

3.    Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis

4.    Buku-buku lain yang relevan

5.    Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan

6.    Pengalaman guru

7.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian Target

Penilaian

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh  Instrumen

Ø  Melafalkan Surah An Nasr

Ø  Menghafalkan Surah An Nasr dengan lancar dan benar

Ø  Membiasakan membaca Surah An Nasr

Tes lisan

 

Tes lisan

 

Tes lisan

Pelafalan

 

Hafalan

 

Hafalan

 

1.       Lafalkan Surah An Nasr

2.       Hafalkan Surah An Nasr

3.       Amalkan Surah An Nasr secara rutin!

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


 

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true