RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 1 Semester 2

 

ENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

I / 2

Standar Kompetensi

8. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar

8.5. Menampilkan adab belajar

Alokasi Waktu

6 x 35 menit ( 2 x pertemuan )


Tujuan Pembelajaran**  :   

1.         Siswa dapat menunjukkan contoh adab belajar

2.         Siswa dapat menampilkan adab belajar dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

3.         Siswa dapat menunjukkan manfaat rajin belajar

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran :   

1.         Adab belajar

 

Metode Pembelajaran    :

1.         Siswa menunjukkan contoh adab belajar

2.         Siswa menyampaikan pendapat tentang manfaat rajin belajar

3.         Siswa berlatih menghafalkan doa belajar

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan

F Apersepsi : Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang adab belajar.

F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

2.    Kegiatan Inti         

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa mendengarkan dan mengamati penjelasan guru tentang bahan ajar yang disajikan

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa menjawab beberapa pertanyaan guru tentang adab belajar

F Siswa menghafalkan doa belajar secara berkelompok        

 

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.    Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa melakukan aktivitas. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut

F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri

F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru

F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan dan ditulis di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Gambar-gambar peraga yang mencerminkan adab belajar

2.    Perilaku siswa yang belajar sesuai dengan tata cara yang baik

3.    Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis

4     Buku-buku lain yang relevan

5.    Alquran (juz Amma)

6.    Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan

7.    Pengalaman guru

8.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh  Instrumen / Soal

Ø  Menunjukkan cara adab belajar

 

 

 

 

Ø  Menampilkan adab belajar

 

Ø  Menunjukkan manfaat rajin belajar

Tes tulis

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

Tes tulis

Pilihan ganda

 

 

 

 

 

Essay

 

Jawaban singkat

1.         Sebelum dan sesudah belajar kita dianjurkan ….?

1.         beristirahat

2.         bermain

3.         berdoa

2.         Apa saja yang terdapat dalam adab belajar?

3.         Apa keuntungan murid yang rajin belajar?

 

 

 

 

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………

RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 1 Semester 2

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

I / 2

Standar Kompetensi

8. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar

8.4 Menampilkan adab makan dan minum

Alokasi Waktu

3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )


Tujuan Pembelajaran**  :   

1.         Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku tata cara makan dan minum yang baik

2.         Siswa dapat menampilkan adab makan dan minum dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran :   

1.         Adab makan dan minum

 

Metode Pembelajaran    :   

1.         siswa mengadakan diskusi kelompok dengan teman-temannya tentang perilaku tata cara makan dan minum yang baik

2.         Siswa berlatih untuk menunjukkan contoh-contoh perilaku tata cara makan dan minum yang baik

3.         Siswa mendemonstrasikan adab makan dan minum

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan

F Apersepsi : membiasakan makan dan minum dengan tata cara yang baik menurut ajaran Islam melaui fitur Mutiara Islam .

F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

2.    Kegiatan Inti         

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang bahan ajar yang disajikan

F Siswa menceritakan pengalaman tata cara makan dan minum di rumah

 

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa menghafalkan doa sebelum dan sesudah makan

F Siswa mempraktikkan tata cara makan dan minum yang baik        

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.    Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa melakukan aktivitas. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut

F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Gambar-gambar peraga yang mencerminkan tata cara makan dan minum yang baik

2.    Meja, kursi, alat makan (piring / sendok)

3.    Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis

4     Buku-buku lain yang relevan

5.    Alquran (juz Amma)

6.    Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan

7.    Pengalaman guru

8.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh  Instrumen / Soal

Ø  Menunjukkan contoh perilaku tata cara makan dan minum yang baik

 

 

Ø  Menampilkan adab makan dan minum

Tes tulis

 

 

 

 

Tes unjuk kerja

Pilihan ganda

 

 

 

Praktik

1.   Makan dan minum yang baik adalah ….

a.       banyak

b.       sedikit

c.       tidak berlebihan

2.   Praktik adab makan dan minum

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………


SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=t...