ENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
: Pendidikan Agama Islam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas / Semester |
: I / 2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Standar Kompetensi |
: 8. Membiasakan perilaku terpuji |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar |
: 8.5. Menampilkan adab belajar |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu |
: 6 x 35 menit ( 2 x pertemuan ) Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat menunjukkan contoh adab belajar 2.
Siswa dapat menampilkan adab belajar dan menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari 3.
Siswa dapat menunjukkan manfaat rajin belajar Karakter
siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ). Materi Pembelajaran : 1.
Adab belajar Metode Pembelajaran : 1.
Siswa menunjukkan contoh adab belajar 2.
Siswa menyampaikan pendapat tentang manfaat rajin belajar 3.
Siswa berlatih menghafalkan doa belajar Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran: 1. Kegiatan Pendahuluan F
Apersepsi
: Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang adab belajar. F
Motivasi :
menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus
dikuasi siswa 2. Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa mendengarkan dan mengamati penjelasan guru
tentang bahan ajar yang disajikan & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F
Siswa menjawab beberapa pertanyaan guru tentang adab belajar F
Siswa menghafalkan doa belajar secara berkelompok & Konfirmasi Dalam kegiatan
konfirmasi, guru: F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan 3. Kegiatan
Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Siswa melakukan aktivitas. Guru memberikan pengarahan
tentang apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan siswa untuk melaksanakan
aktivitas tersebut F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah
yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan dan
ditulis di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan
berikutnya Alat / Sumber Belajar: 1. Gambar-gambar
peraga yang mencerminkan adab belajar 2. Perilaku siswa yang
belajar sesuai dengan tata cara yang baik 3. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis 4 Buku-buku
lain yang relevan 5. Alquran
(juz Amma) 6. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan 7. Pengalaman
guru 8. Lingkungan
sekitar Penilaian:
Format
Kriteria Penilaian 1.Produk
( hasil diskusi )
2.Performansi
3. Lembar Penilaian
CATATAN : Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10. v Untuk
Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar