RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 2 Semester 2 T/A 2020


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

II / 2

Standar Kompetensi

8. Membiasakan Perilaku Terpuji

Kompetensi Dasar

8.2 Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada tetangga guru

Alokasi Waktu

3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran**    :

1.       Siswa dapat menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga

2.       Siswa dapat membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

 

Materi Pembelajaran  :

1.       Sopan dan santun terhadap tetangga .

 

Metode Pembelajaran  :   

1.       Siswa berlatih menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga

2.       Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang adab terhadap tetangga dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan terhadap tetangga

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan :

Apersepsi  dan Motivasi :

F Cerita singkat tentang pengalaman siswa dari bahan ajar yang lalu

F Mengenalkan bahan ajar melalui cerita menarik dalam sepenggal kisah dan dari Hadis/ayat Alquran yang berkaitan dengan ajar (melalaui Mutiara Islam )

2.    Kegiatan Inti :

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa mendengarkan uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga

F Siswa memberikan pendapat, komentar tentang adab bertetangga dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan terhadap tetangga

F  

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.    Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri

F Siswa memahami bacaan intisari

F Siswa mengerjakan latihan dan ditulis di buku tugas

 

Alat / Sumber Belajar: :

1.    Gambar peraga tentang adab bertentangga

2.    Teks cerita tentang adab bertentangga (cerita perilaku Nabi Muhammad SAW tehadap para     Tetangga)

3.    Buku Pendidikan Agama Islam

4.    Pengalaman guru

5.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Ø   Menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga

Ø   Membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga

 

Tes tulis

 

Tes tulis

 

 

 

Jawaban singkat

 

Jawaban singkat

Pilihan ganda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Esay

Jawaban singkat

 

 

1.       Apa saja yang baik dilakukan terhadap tetangga?

2.       Jika tetangga kita sakit, kita harus ….

3.       Barang siapa beriman kepada Allah SWT dan hari akhir maka … tetanggamu.

a. hilangkan                          b. muliakan c. singkirkan

4.       Orang yang rumahnya dekat dengan kita ialah .…

a. guru                   b. dokter                

c. tetangga

5.       Dengan tetangga kita harus .…

a. tolong-menolong            

b. membelakangi                      

c. menjauhi

6.       Batas tetangga dekat ialah .…

7.       Apabila bertemu dengan guru kita ucapkan .…

8.       Orang yang biasa menghargai orang lain, maka hidupnya akan .…

 

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6....

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………

RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 2 Semester 2 T/A 2020

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

II / 2

Standar Kompetensi

8. Membiasakan Perilaku Terpuji

Kompetensi Dasar

8.1 Mencontohkan perilaku hormat dan santun kepada orangtua dan guru

Alokasi Waktu

6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran**    :

1.       Siswa dapat menjelaskan tata cara hormat kepada orangtua dan guru

2.       Siswa dapat menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru

3.       Siswa dapat membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

 

Materi Pembelajaran  :      

1.       Hormat dan santun kepada orangtua dan guru .

 

Metode Pembelajaran  :

1.       Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang tata cara hormat kepada orangtua dan guru

2.       Siswa berlatih memberikan contoh cara menghormati orangtua dan guru

3.       Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang cara menghormati orangtua dan guru berdasarkan pengalaman mereka sehari-hari

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan :

Apersepsi  dan Motivasi :

F Mengupas singkat tentang jasa-jasa orangtua dan guru

F Memperkenalkan bahan ajar melalui mutiara Islam atau cerita menarik yang berkaitan dengan bahan ajar

2.    Kegiatan Inti :

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa memahami bagaimana cara untuk menghormati orangtua dan guru

F Siswa memberikan contoh tentang perbuatan yang baik dilakukan untuk kedua orangtua dan guru

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa secara berkelompok dan individu menghafal doa untuk kedua orangtua beserta artinya

F Menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan bahan ajar

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa diminta menulis contoh cara menghormati orangtua dan guru masing-masing lima dan tulis di buku tugas

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Gambar peraga tentang anak yang berbakti kepada orangtua dan hormat kepada guru

2.    Teks cerita tentang akibat anak yang durhaka kepada orangtua (cerita sahabat Nabi yang bernama Al Qomah atau lainnya)

3.    Buku Pendidikan Agama Islam.

4.    Pengalaman guru

5.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Ø   Menjelaskan tatacara hormat kepada orangtua dan guru

Ø   Menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru

Ø   Membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru

 

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

 

Esay

Jawaban singkat

 

Jawaban singkat

Pilihan ganda

 

 

 

 

 

 

Esay

 

 

1.       Mengapa orangtua wajib dihormati?

2.       Beri masing-masing satu contoh hormat terhadap orangtua dan guru!

3.       Apa yang kamu lakukan jika orangtuamu sakit?

4.       Muliakanlah orang-orang yang pernah memberikan pelajaran kepadamu. Yang dimaksud memberi pelajaran kepadamu ialah .…

a. dokter                                b. guru       

c. bapak atau ibu

5.       Guru adalah orang tua kita di sekolah, oleh karena itu harus kita .…

a. hormati                              b. biarkan c. benci

6.       Kepada guru kita harus bersikap .…

7.       Guru adalah pahlawan tanpa tanda .…

 

Format Kriteria Penilaian       

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6...

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=t...