RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
: Pendidikan Agama Islam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas / Semester |
: II / 2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Standar Kompetensi |
: 8. Membiasakan Perilaku Terpuji |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar |
: 8.2 Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada tetangga guru |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu |
: 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan) Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat menunjukkan cara berperilaku
sopan dan santun terhadap tetangga 2. Siswa dapat membiasakan perilaku sopan dan
santun terhadap tetangga
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran
: 1.
Sopan dan
santun terhadap tetangga .
Metode Pembelajaran : 1.
Siswa berlatih menunjukkan cara
berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga 2.
Siswa mengadakan tanya jawab dengan
teman-temannya tentang adab terhadap tetangga dan hal-hal yang tidak boleh
dilakukan terhadap tetangga
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran: 1. Kegiatan Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi : F
Cerita
singkat tentang pengalaman siswa dari bahan ajar yang lalu F Mengenalkan bahan ajar melalui cerita menarik dalam
sepenggal kisah dan dari Hadis/ayat Alquran yang berkaitan dengan ajar (melalaui Mutiara Islam )
2. Kegiatan Inti : & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa mendengarkan uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Siswa menunjukkan cara berperilaku
sopan dan santun terhadap tetangga F Siswa memberikan pendapat, komentar tentang adab
bertetangga dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan terhadap tetangga F & Konfirmasi Dalam kegiatan
konfirmasi, guru: F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan 3. Kegiatan
Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F
Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah
menggunakan bahasa sendiri F
Siswa
memahami bacaan intisari F Siswa mengerjakan latihan dan
ditulis di buku tugas
Alat / Sumber Belajar: : 1. Gambar
peraga tentang adab bertentangga 2. Teks cerita tentang adab
bertentangga (cerita perilaku Nabi Muhammad SAW tehadap para Tetangga) 3. Buku
Pendidikan Agama Islam 4. Pengalaman
guru 5. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Format
Kriteria Penilaian 1.Produk ( hasil diskusi )
2.Performansi
3. Lembar
Penilaian
CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan
Remedial.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar