RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
: Pendidikan Agama Islam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas / Semester |
: II / 2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Standar Kompetensi |
: 8. Membiasakan Perilaku Terpuji |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar |
: 8.1 Mencontohkan perilaku hormat dan santun kepada orangtua
dan guru |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu |
: 6 ´ 35 menit (2´ pertemuan) Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat menjelaskan tata cara
hormat kepada orangtua dan guru 2.
Siswa dapat menunjukkan contoh cara
menghormati orangtua dan guru 3.
Siswa dapat membiasakan sikap hormat
dan santun kepada orangtua dan guru
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran
: 1.
Hormat dan
santun kepada orangtua dan guru .
Metode Pembelajaran : 1.
Siswa mengadakan tanya jawab dengan
teman-temannya tentang tata cara hormat kepada orangtua dan guru 2.
Siswa berlatih memberikan contoh cara
menghormati orangtua dan guru 3.
Guru mengadakan tanya jawab dengan
siswa tentang cara menghormati orangtua dan guru berdasarkan pengalaman mereka
sehari-hari
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran: 1. Kegiatan Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi : F
Mengupas
singkat tentang jasa-jasa orangtua dan guru F Memperkenalkan bahan ajar melalui mutiara Islam
atau cerita menarik yang berkaitan dengan bahan ajar 2. Kegiatan Inti : & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa memahami bagaimana cara untuk
menghormati orangtua dan guru F Siswa memberikan contoh tentang perbuatan yang baik
dilakukan untuk kedua orangtua dan guru & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Siswa secara berkelompok dan
individu menghafal doa untuk kedua orangtua beserta artinya F Menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan bahan ajar & Konfirmasi Dalam kegiatan
konfirmasi, guru: F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan 3. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Siswa diminta menulis contoh cara menghormati
orangtua dan guru masing-masing lima dan tulis di buku tugas
Alat / Sumber Belajar: 1. Gambar
peraga tentang anak yang berbakti kepada orangtua dan hormat kepada guru 2. Teks cerita tentang akibat anak
yang durhaka kepada orangtua (cerita sahabat Nabi yang bernama Al Qomah atau
lainnya) 3. Buku
Pendidikan Agama Islam. 4. Pengalaman
guru 5. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Format
Kriteria Penilaian 1.Produk ( hasil diskusi )
2.Performansi
3. Lembar
Penilaian
CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan
Remedial.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar