RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Semester 2 T/A 2020

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Nama Sekolah                      :   SDN 3 KOTA JANTHO

Mata Pelajaran                     :   Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester                  :   IV / 2

Standar Kompetensi            :   10.        Melaksanakan zikir dan doa

Kompetensi Dasar               :   10.2      Membaca doa setelah salat

 

Alokasi Waktu                      :   3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

 

Tujuan Pembelajaran           :   1.   Siswa dapat melafalkan bacaan doa setelah salat

                                                2.   Siswa dapat memahami arti bacaan doa-doa pendek

 

Karakter siswa yang diharapkan  : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian

      ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ),

Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran            :         Bacaan zikir dan doa

 

Metode Pembelajaran           :   1.   Siswa melafalkan bacaan doa setelah salat

                                                2.   Siswa menghafal bacaan doa-doa pendek setelah salat

                                                3.   Siswa menerapkan bacaan doa setiap selesai salat

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa

F Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang doa apa saja yang mereka baca setiap selesai salat

F Memberikan pangantar yang menarik berguna melalui fitur mutiara islam dan sepenggal kisa

2.    Kegiatan Inti          .          

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa diperkenalkan doa-doa setelah salat

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa melafalkan doa-doa setelah salat secara klasikal, kelompok dan individu

F Siswa memahami arti-arti doa berdasarkan bimbingan dan penjelasan guru

F Siswa menghafal doa-doa pendek setelah salat

F Siswa menyebutkan adab berzikir dan berdoa

 

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.    Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa melakukan aktivitas yang ada di halaman

F Siswa menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri

F Siswa diminta memahamibacaan intisariyang dibacakan siswa lain

F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman dan menulisnya di buku tugas

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Teks lafal doa di karton

2.    Buku Pendidikan Agama Islam

3.    Buku-buku lain yang relevan

4.    Kaset/CD tentang kumpulan zikir dan doa

5.    Pengalaman guru

6.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Ø  Melafalkan bacaan doa setelaha salat

 

Tes lisan

Pelafalan

Ø  Lafalkan bacaan doa-doa setelah salat!

 

 

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN …….

 

 

 

 

……………………………..

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              2020

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

..................................

NIP. .............................

RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Semester 2 T/A 2020

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Nama Sekolah                      :   SDN 3 KOTA JANTHO

Mata Pelajaran                     :   Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester                  :   IV / 2

Standar Kompetensi            :   10.        Melaksanakan zikir dan doa

Kompetensi Dasar               :   10.1      Melakukan zikir setelah salat

Alokasi Waktu                      :   6 ´ 35 menit (2 ´ pertemuan)

 

Tujuan Pembelajaran           :   1.   Siswa dapat melafalkan bacaan zikir

2.  Siswa menghafal bacaan zikir setelah salat

3.  Siswa berlatih mengartikan bacaan zikir setelah salat

4.  Siswa menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian

( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab

( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran            :   Bacaan zikir dan doa

 

Metode Pembelajaran           :   1.   Siswa melafalkan bacaan zikir setelah salat

2.   Siswa menghafal zikir setelah salat

3.   Siswa berlatih mengartikan bacaan zikir setelah salat

4.   Siswa menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa

F Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang kegiatan apa yang mereka lakukan setelah salat

F memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna melalui fitur mutiara islam

2.    Kegiatan Inti          .          

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa diperkenalkan bacaan-bacaan zikir setelah salat

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa melafalkan bacaan zikir setelah salat secara klasikal, kelompok dan individu

F Siswa menghafal bacaan zikir setelah salat secara klasikal, kelompok dan individu

F Siswa yang telah menguasai hafalan menampilkan hafalannya di depan kelas

F Siswa mengartikan bacaan zikir secara kelompok dan masing-masing wakil kelompok menampilkan kemampuannya di depan kelas

F Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.    Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa diminta kembali melafalkan zikir beserta artinya secara klasikal dan kelompok

F Guru memberi tugas siswa untuk menulis zikir-zikir setelah salat di buku tugas

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Teks lafa zikir di karton

2.    Buku Pendidikan Agama Islam

3.    Buku-buku lain yang relevan

4.    Kaset/CD tentang  kumpulan zikir dan doa

5.    Pengalaman guru

6.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal  

Ø  Melafalkan bacaan zikir setelah Sholat

Ø  Menghafal bacaan zikir setelah salat

Ø  Mengartikan bacaan zikir setelah salat

Ø  Menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat

 

Tes lisan

Tes lisan

Tes tulis

Tes lisan

 

Pelafalan

Hafalan

Jawaban singkat

Pelafalan

 

Ø  Lafalkan bacaan zikir setelah salat beserta artinya!

Ø  Hafalkan bacaan zikir setelah salat!

Ø  Jelaskan bagaimana bacaan zikir setelah salat!

Ø  Tulislah bacaan tahmid dengan lengkap!

 

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

 

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN …….

 

 

 

 

……………………………..

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              2020

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

..................................

NIP. .............................

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=t...