RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN 3 KOTA JANTHO
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 10. Melaksanakan
zikir dan doa
Kompetensi
Dasar : 10.1 Melakukan
zikir setelah salat
Alokasi
Waktu : 6 ´
35 menit (2 ´ pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan bacaan zikir
2. Siswa menghafal
bacaan zikir setelah salat
3. Siswa berlatih
mengartikan bacaan zikir setelah salat
4. Siswa
menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian
( respect )
, Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).
Materi
Pembelajaran : Bacaan zikir dan doa
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa melafalkan bacaan zikir setelah salat
2. Siswa
menghafal zikir setelah salat
3. Siswa berlatih
mengartikan bacaan zikir setelah salat
4. Siswa
menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F
Memberikan
pertanyaan kepada siswa tentang kegiatan apa yang mereka lakukan setelah salat
F memperkenalkan bahan ajar yang
menarik dan berguna melalui fitur mutiara islam
2. Kegiatan Inti .
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diperkenalkan bacaan-bacaan zikir setelah salat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan bacaan zikir setelah salat
secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menghafal bacaan zikir setelah salat
secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa yang telah menguasai hafalan
menampilkan hafalannya di depan kelas
F Siswa mengartikan bacaan zikir secara
kelompok dan masing-masing wakil kelompok menampilkan kemampuannya di depan kelas
F
Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta kembali melafalkan zikir
beserta artinya secara klasikal dan kelompok
F Guru memberi tugas siswa untuk menulis
zikir-zikir setelah salat di buku tugas
Alat / Sumber
Belajar:
1. Teks lafa zikir di
karton
2. Buku Pendidikan Agama
Islam
3. Buku-buku lain yang
relevan
4. Kaset/CD tentang kumpulan zikir dan doa
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal
|
Ø
Melafalkan bacaan zikir setelah Sholat Ø
Menghafal bacaan zikir setelah salat Ø
Mengartikan bacaan zikir setelah salat Ø
Menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat |
Tes
lisan Tes
lisan Tes
tulis Tes
lisan |
Pelafalan Hafalan Jawaban singkat Pelafalan |
Ø
Lafalkan bacaan zikir setelah salat beserta
artinya! Ø
Hafalkan bacaan zikir setelah salat! Ø
Jelaskan bagaimana bacaan zikir setelah salat! Ø Tulislah
bacaan tahmid dengan lengkap! |
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar *
semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama Partisipasi |
*
bekerjasama *
kadang-kadang kerjasama *
tidak bekerjasama *
aktif berpartisipasi *
kadang-kadang aktif *
tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar
Penilaian
No |
Nama
Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah
Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN ……. …………………………….. NIP. …………………… |
Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI .................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar