RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN 3 KOTA JANTHO
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 10. Melaksanakan
zikir dan doa
Kompetensi
Dasar : 10.2 Membaca
doa setelah salat
Alokasi
Waktu : 3 ´
35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan bacaan doa setelah salat
2. Siswa dapat memahami arti bacaan doa-doa
pendek
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian
( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
),
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty
), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi
Pembelajaran : Bacaan
zikir dan doa
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa melafalkan bacaan doa setelah salat
2. Siswa menghafal bacaan doa-doa pendek setelah
salat
3. Siswa menerapkan bacaan doa setiap selesai
salat
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F
Memberikan
pertanyaan kepada siswa tentang doa apa saja yang mereka baca setiap selesai
salat
F
Memberikan
pangantar yang menarik berguna melalui fitur mutiara islam dan sepenggal kisa
2. Kegiatan Inti .
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diperkenalkan doa-doa setelah salat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa melafalkan doa-doa setelah salat secara klasikal,
kelompok dan individu
F
Siswa
memahami arti-arti doa berdasarkan bimbingan dan penjelasan guru
F
Siswa
menghafal doa-doa pendek setelah salat
F
Siswa menyebutkan adab berzikir dan berdoa
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa melakukan aktivitas yang ada di halaman
F
Siswa
menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F
Siswa
diminta memahamibacaan intisariyang dibacakan siswa lain
F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang
ada di halaman dan menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks
lafal doa di karton
2. Buku Pendidikan Agama
Islam
3. Buku-buku lain yang
relevan
4. Kaset/CD tentang
kumpulan zikir dan doa
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
Ø Melafalkan bacaan doa setelaha salat |
Tes lisan |
Pelafalan |
Ø
Lafalkan bacaan doa-doa setelah
salat! |
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar *
semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama Partisipasi |
*
bekerjasama *
kadang-kadang kerjasama *
tidak bekerjasama *
aktif berpartisipasi *
kadang-kadang aktif *
tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar
Penilaian
No |
Nama
Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah
Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN ……. …………………………….. NIP. …………………… |
Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI .................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar