RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Semester 2 BAB 6 Pertemuan 1

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                 : SDN

Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Materi Pokok                           : Mari Belajar al-Qur’an Surat al-Ma’un

Sub Materi                               : Ayo  Membaca Surat al-Ma'un

Kelas/Semester                      : V/Genap

Alokasi Waktu                         : 4 X 35 Menit

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø Membaca Q.S. al-Mā’ūn dengan tartil.

 

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi  Ayo  Membaca Surat al-Ma'un dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 170 Menit)                                                                        

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada  Ayo  Membaca Surat al-Ma'un melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan     Ayo  Membaca Surat al-Ma'un

Ø Peserta didik diminta untuk mengamati al-Qur’an surat al-ma’un

(al-Qur’an surat al-ma’un )


Critical Thinking

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang   Ayo  Membaca Surat al-Ma'un , Misalnya

Ø  Siapakah pendusta agama menurut surat al-Ma'un?

Ø  Sebutkan ciri orang yang celaka menurut surat al-Ma'un?

Collaboration (Kerja Sama)

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai   Ayo  Membaca Surat al-Ma'un

Ø  Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan awal peserta didik, guru meminta beberapa peserta didik mendemonstrasikan bacaan Q.S. al-Ma’un.

Ø  Guru memberikan penguatan dengan menyampaikan secara singkat bagaimana cara membaca Q.S. al-Ma’un yang baik dan benar. Selanjutnya guru memberikan contoh bacaan yang baik dan benar.

Ø  Guru melafalkan secara berulang huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta didik diminta untuk menirukan pelafalan tersebut secara bersama.Selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik untuk melafalkannya dengan benar.

Ø  Guru kembali memberikan contoh bacaan Q.S. al-Ma’un yang benar.

Ø  Peserta didik menirukan bacaan Q.S. al-Ma’un bersama-sama, selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik untuk membacanya..

Ø  Peserta didik diminta untuk membentuk kelompok  Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan informasi dan mengasosiasi/menganalisis melalui diskusi kelompok:

Ø  Peserta didik mendiskusikan tentang bagaimana melafalkan al-Qur’an dengan makhraj yang benar! Kemudian, sampaikan hasil diskusi tersebut di depan teman-temanmu yang lain.

Communication (Komunikasi

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang       Ayo  Membaca Surat al-Ma'un dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Creativity (Kreativitas

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang    Ayo  Membaca Surat al-Ma'un

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (15 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

 

  

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

Tes Tertulis

: Menjelaskan Membaca Surat al-Ma'un

 

Proyek

:

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN …….

 

 

 

 

……………………………..

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              2020

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

..................................

NIP. .............................


RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Semester 2 T/A 2020 Revisi 2018

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)



Nama Sekolah                      :    SD Negeri 

Mata Pelajaran                     :    Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester                     :    V / I

Tema                                    :    Mari Belajar Al-Qur’an Surat Q.S. at-Tin

Alokasi Waktu                     :   2 x 35 menit Pelajaran (1 pertemuan)

 

 

A.       Kompetensi Inti (KI)

1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menunjukkan perilaku jujur,   disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1    Menunjukkan hafalanQ.S. at-Tin  dengan baik dan benar.

 

·      Mendemontrasikan hafalan Q.S. at-Tin  secara klasikal, kelompok atau individual.

·      Memotivasi siswa bertanya, misalnya: mengapa membaca al-Qur’ān harus dengan makhrijul huruf yang benar?

 

 

C.       Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharpakan siswa mampu:

1.      Mendemontrasikan hafalan Q.S. at-Tin  secara klasikal, kelompok atau individual.

2.      Memotivasi siswa bertanya, misalnya: mengapa menghafal al-Qur’ān harus dengan makhrijul huruf yang benar?

 

 

D.       Materi Pembelajaran.

 

A.       Metode Pembelajaran

1.    Tanya jawab

2.    Metode puzzel card atau potongan ayat

3.    Drill (latihan)

B.       Media, Alat dan Sumber Belajar

1.    Media

Visual (kartu Potongan ayat)

2.    Alat

a. Poster tulisan

b. Kartu bertuliskan Q.S. at-Tin,

3.    Sumber Belajar

a. Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls 4 SD, Kemdikbud Jakarta, 2014, Hal. 1-9,

b. Buku Makhorijul Huruf

 

C.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

No

Kegiatan

Wkt

1.

Pendahuluan

a.     Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’abersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;

b.     Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);

c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;

d.     Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi Q.S. at-Tin, dan harakatnya;

e.     Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat mengetahui Q.S. at-Tin,dengan benar;

f.      Menyampaikan cakupan Q.S. at-Tin;

g.     Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mencermati, menirukan, dan melafalkan Q.S. at-Tin; secara berulang-ulang dengan benar.

h.     Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/whiteboard, potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca atau gambar), jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).

Hal ini dilakukan untuk mengkonkretkan antara apa yang disebutkan dan bentuk tulisannya

 

20 menit

2.

Kegiatan Inti

Sub Tema  B. Menghafal Q.S. at-Tin

1.  Guru memberi motivasi berkaitan dengan hikmat atau sya'faat bagi orang yang membaca al-Quran dengan mengajak peserta didik untuk mengamati dan ceritakan gambar.

2.  Peserta didik menjawab pertanyaan “Mengapa kita perlu menghafal Q.S. at-Tin? Lihat buku teks.

3.  Siapa di antara  kalian yang sudah hafal Q.S. at-Tin? Jika ada, mintalah untuk memperdengarkan hafalan itu kepada teman-temannya. Jika tidak, ajaklah peserta didik menghafalkanny dengan cara mengajak siswa buat permainan menyusun cepat dengan menggunakan kartu puzzel potongan ayat Q.S. at-Tin.

 

Catatan umum.

Setiap akhir pembelajaran, setiap kompetensmenghafal, Guru selalu memberikan penguatan, terutama bagi peserta didik yang tergolong lambat, dan senantiasa memberikan motivasi belajar.

 

100 menit

3.

Penutup

a.  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

b. Melaksanakan penilaaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;

c. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik

d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

 

20 menit

 

D.       Penilaian

Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menghafal surah Q.S. at-Tin

No.

Nama Peserta Didik

Katagori

1

2

3

4

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

1 = kurang         2 = sedang             3 = lancar        4 = sangat lancar

Keterangan:

Sangat lancar   : Hafalan lancar, tart³l, lagu/berirama

Lancar             : Hafalan lancar sesuai kaidah bacaan

Sedang            : Hafalan kurang lancar sesuai kaidah bacaan.

Kurang            : Hafalan tidak lancar

 

Konversi dalam Bentuk Angka:

Sangat lancar   = 4 dan skor yang diperoleh 4/4 x 100 = 100

lancar              = 3 dan skor yang diperoleh 3/4 x 100 = 75

Sedang            = 2 dan skor yang diperoleh 2/4 x 100 = 50

Kurang             = 1 dan skor yang diperoleh 1/4 x 100 = 25

 

I. Pengayaan

Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah mencapai kompetensi yang ditentukan (membaca dan menghafal Q.S. at-Tin dengan tart³l, lancar, dan baik-benar) diminta untuk  mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. Untuk kompetensi menghafal, guru boleh menjadikan peserta didik sebagai tutor sebaya, untuk memantapkan kemampuannya. Alternatif lain, peserta didik dapat membaca/ menghafal/menulis ayat/surat pendek yang lain.

 

J. Remidi

     Bagi peserta didik yang belum menguasai materi, guru terlebih dahulu mengidentifikasi hal-hal yang belum dikuasai. Berdasarkan itu, peserta didik  kembali mempelajarinya dengan bimbingan guru, dan melakukan penilaian kembali. Pelaksanaan remedi dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, misal 30 menit setelah jam belajar selesai.

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN …….

 

 

 

 

……………………………..

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              2020

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

..................................

NIP. .............................


SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=t...