RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Materi
Pokok : Mari Belajar al-Qur’an Surat al-Ma’un
Sub
Materi :
Ayo Membaca Surat al-Ma'un
Alokasi
Waktu : 4 X 35
Menit
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode
literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap
menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan
pendapat, siswa dapat :
Ø Membaca Q.S. al-Mā’ūn
dengan tartil.
B. LANGKAH
- LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit) |
|
Penguatan
Pendidikan Karakter |
v Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin |
v Mengaitkan materi pembelajaran yang
akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya,
mengingatkan kembali materi dengan bertanya,
|
|
v Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari materi Ayo Membaca Surat al-Ma'un dalam kehidupan
sehari-hari |
|
v Memberitahukan tentang tujuan
pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM
pada pertemuan yang sedang berlangsung v Pembagian kelompok belajar |
|
KEGIATAN
INTI ( 170 Menit) |
|
Literasi |
v Peserta didik diberi stimulus atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada Ayo Membaca Surat al-Ma'un melalui pendekatan
saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen,
mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) Mengamati Peserta
didik bersama kelompoknya melakukan
pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan Ayo Membaca Surat al-Ma'un Ø Peserta
didik diminta untuk mengamati al-Qur’an surat al-ma’un (al-Qur’an surat al-ma’un ) |
Critical
Thinking |
v Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan
tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran
tentang Ayo Membaca Surat al-Ma'un , Misalnya Ø Siapakah
pendusta agama menurut surat al-Ma'un? Ø Sebutkan
ciri orang yang celaka menurut surat al-Ma'un? |
Collaboration
(Kerja Sama) |
Siswa
berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku v Peserta didik dibentuk dalam beberapa
kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang,
dan saling bertukar informasi mengenai Ayo Membaca Surat al-Ma'un Ø Untuk
mengetahui sejauh mana pengetahuan awal peserta didik, guru meminta beberapa
peserta didik mendemonstrasikan bacaan Q.S. al-Ma’un. Ø Guru
memberikan penguatan dengan menyampaikan secara singkat bagaimana cara
membaca Q.S. al-Ma’un yang baik dan benar. Selanjutnya guru memberikan contoh
bacaan yang baik dan benar. Ø Guru
melafalkan secara berulang huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta didik
diminta untuk menirukan pelafalan tersebut secara bersama.Selanjutnya
ditunjuk beberapa peserta didik untuk melafalkannya dengan benar. Ø Guru
kembali memberikan contoh bacaan Q.S. al-Ma’un yang benar. Ø Peserta
didik menirukan bacaan Q.S. al-Ma’un bersama-sama, selanjutnya ditunjuk
beberapa peserta didik untuk membacanya.. Ø Peserta
didik diminta untuk membentuk kelompok
Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan
informasi dan mengasosiasi/menganalisis melalui diskusi kelompok: Ø Peserta
didik mendiskusikan tentang bagaimana melafalkan al-Qur’an dengan makhraj
yang benar! Kemudian, sampaikan hasil diskusi tersebut di depan teman-temanmu
yang lain. |
Communication
(Komunikasi |
Siswa mempresentasikan
hasil kerja kelompok/individu v Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan tentang Ayo Membaca Surat al-Ma'un dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi yang dilakukan, dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
Creativity
(Kreativitas |
Kesimpulan
Pembelajaran v Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan tentang Ayo Membaca Surat al-Ma'un v Peserta didik bertanya tentang hal
yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada
siswa berkaitan dengan yang akan
selesai dipelajari |
PENUTUP
(15 Menit) |
|
Peserta
didik |
v Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
Guru |
v Memeriksa pekerjaan peserta didik
yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan
penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik
dalam kegiatan pembelajaran. v Memberikan tugas kepada peserta
didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan
dibahas dipertemuan berikutnya. |
C. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
Tes
Tertulis |
: Menjelaskan Membaca Surat
al-Ma'un |
|
|
Proyek |
: |
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN ……. …………………………….. NIP. …………………… |
Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI .................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar