RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Semester 2 BAB 6 Pertemuan 1

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                 : SDN

Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Materi Pokok                           : Mari Belajar al-Qur’an Surat al-Ma’un

Sub Materi                               : Ayo  Membaca Surat al-Ma'un

Kelas/Semester                      : V/Genap

Alokasi Waktu                         : 4 X 35 Menit

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø Membaca Q.S. al-Mā’ūn dengan tartil.

 

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi  Ayo  Membaca Surat al-Ma'un dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 170 Menit)                                                                        

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada  Ayo  Membaca Surat al-Ma'un melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan     Ayo  Membaca Surat al-Ma'un

Ø Peserta didik diminta untuk mengamati al-Qur’an surat al-ma’un

(al-Qur’an surat al-ma’un )


Critical Thinking

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang   Ayo  Membaca Surat al-Ma'un , Misalnya

Ø  Siapakah pendusta agama menurut surat al-Ma'un?

Ø  Sebutkan ciri orang yang celaka menurut surat al-Ma'un?

Collaboration (Kerja Sama)

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai   Ayo  Membaca Surat al-Ma'un

Ø  Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan awal peserta didik, guru meminta beberapa peserta didik mendemonstrasikan bacaan Q.S. al-Ma’un.

Ø  Guru memberikan penguatan dengan menyampaikan secara singkat bagaimana cara membaca Q.S. al-Ma’un yang baik dan benar. Selanjutnya guru memberikan contoh bacaan yang baik dan benar.

Ø  Guru melafalkan secara berulang huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta didik diminta untuk menirukan pelafalan tersebut secara bersama.Selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik untuk melafalkannya dengan benar.

Ø  Guru kembali memberikan contoh bacaan Q.S. al-Ma’un yang benar.

Ø  Peserta didik menirukan bacaan Q.S. al-Ma’un bersama-sama, selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik untuk membacanya..

Ø  Peserta didik diminta untuk membentuk kelompok  Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan informasi dan mengasosiasi/menganalisis melalui diskusi kelompok:

Ø  Peserta didik mendiskusikan tentang bagaimana melafalkan al-Qur’an dengan makhraj yang benar! Kemudian, sampaikan hasil diskusi tersebut di depan teman-temanmu yang lain.

Communication (Komunikasi

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang       Ayo  Membaca Surat al-Ma'un dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Creativity (Kreativitas

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang    Ayo  Membaca Surat al-Ma'un

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (15 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

 

  

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

Tes Tertulis

: Menjelaskan Membaca Surat al-Ma'un

 

Proyek

:

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN …….

 

 

 

 

……………………………..

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              2020

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

..................................

NIP. .............................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true