RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Semester 2 T/A 2020 Revisi 2018

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)



Nama Sekolah                      :    SD Negeri 

Mata Pelajaran                     :    Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester                     :    V / I

Tema                                    :    Mari Belajar Al-Qur’an Surat Q.S. at-Tin

Alokasi Waktu                     :   2 x 35 menit Pelajaran (1 pertemuan)

 

 

A.       Kompetensi Inti (KI)

1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menunjukkan perilaku jujur,   disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1    Menunjukkan hafalanQ.S. at-Tin  dengan baik dan benar.

 

·      Mendemontrasikan hafalan Q.S. at-Tin  secara klasikal, kelompok atau individual.

·      Memotivasi siswa bertanya, misalnya: mengapa membaca al-Qur’ān harus dengan makhrijul huruf yang benar?

 

 

C.       Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharpakan siswa mampu:

1.      Mendemontrasikan hafalan Q.S. at-Tin  secara klasikal, kelompok atau individual.

2.      Memotivasi siswa bertanya, misalnya: mengapa menghafal al-Qur’ān harus dengan makhrijul huruf yang benar?

 

 

D.       Materi Pembelajaran.

 

A.       Metode Pembelajaran

1.    Tanya jawab

2.    Metode puzzel card atau potongan ayat

3.    Drill (latihan)

B.       Media, Alat dan Sumber Belajar

1.    Media

Visual (kartu Potongan ayat)

2.    Alat

a. Poster tulisan

b. Kartu bertuliskan Q.S. at-Tin,

3.    Sumber Belajar

a. Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls 4 SD, Kemdikbud Jakarta, 2014, Hal. 1-9,

b. Buku Makhorijul Huruf

 

C.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

No

Kegiatan

Wkt

1.

Pendahuluan

a.     Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’abersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;

b.     Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);

c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;

d.     Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi Q.S. at-Tin, dan harakatnya;

e.     Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat mengetahui Q.S. at-Tin,dengan benar;

f.      Menyampaikan cakupan Q.S. at-Tin;

g.     Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mencermati, menirukan, dan melafalkan Q.S. at-Tin; secara berulang-ulang dengan benar.

h.     Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/whiteboard, potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca atau gambar), jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).

Hal ini dilakukan untuk mengkonkretkan antara apa yang disebutkan dan bentuk tulisannya

 

20 menit

2.

Kegiatan Inti

Sub Tema  B. Menghafal Q.S. at-Tin

1.  Guru memberi motivasi berkaitan dengan hikmat atau sya'faat bagi orang yang membaca al-Quran dengan mengajak peserta didik untuk mengamati dan ceritakan gambar.

2.  Peserta didik menjawab pertanyaan “Mengapa kita perlu menghafal Q.S. at-Tin? Lihat buku teks.

3.  Siapa di antara  kalian yang sudah hafal Q.S. at-Tin? Jika ada, mintalah untuk memperdengarkan hafalan itu kepada teman-temannya. Jika tidak, ajaklah peserta didik menghafalkanny dengan cara mengajak siswa buat permainan menyusun cepat dengan menggunakan kartu puzzel potongan ayat Q.S. at-Tin.

 

Catatan umum.

Setiap akhir pembelajaran, setiap kompetensmenghafal, Guru selalu memberikan penguatan, terutama bagi peserta didik yang tergolong lambat, dan senantiasa memberikan motivasi belajar.

 

100 menit

3.

Penutup

a.  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

b. Melaksanakan penilaaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;

c. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik

d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

 

20 menit

 

D.       Penilaian

Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menghafal surah Q.S. at-Tin

No.

Nama Peserta Didik

Katagori

1

2

3

4

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

1 = kurang         2 = sedang             3 = lancar        4 = sangat lancar

Keterangan:

Sangat lancar   : Hafalan lancar, tart³l, lagu/berirama

Lancar             : Hafalan lancar sesuai kaidah bacaan

Sedang            : Hafalan kurang lancar sesuai kaidah bacaan.

Kurang            : Hafalan tidak lancar

 

Konversi dalam Bentuk Angka:

Sangat lancar   = 4 dan skor yang diperoleh 4/4 x 100 = 100

lancar              = 3 dan skor yang diperoleh 3/4 x 100 = 75

Sedang            = 2 dan skor yang diperoleh 2/4 x 100 = 50

Kurang             = 1 dan skor yang diperoleh 1/4 x 100 = 25

 

I. Pengayaan

Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah mencapai kompetensi yang ditentukan (membaca dan menghafal Q.S. at-Tin dengan tart³l, lancar, dan baik-benar) diminta untuk  mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. Untuk kompetensi menghafal, guru boleh menjadikan peserta didik sebagai tutor sebaya, untuk memantapkan kemampuannya. Alternatif lain, peserta didik dapat membaca/ menghafal/menulis ayat/surat pendek yang lain.

 

J. Remidi

     Bagi peserta didik yang belum menguasai materi, guru terlebih dahulu mengidentifikasi hal-hal yang belum dikuasai. Berdasarkan itu, peserta didik  kembali mempelajarinya dengan bimbingan guru, dan melakukan penilaian kembali. Pelaksanaan remedi dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, misal 30 menit setelah jam belajar selesai.

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN …….

 

 

 

 

……………………………..

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              2020

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

..................................

NIP. .............................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true