RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas/Semester : V / I
Tema : Mari Belajar Al-Qur’an Surat Q.S.
at-Tin
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit Pelajaran (1 pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
1.1 Menunjukkan
hafalanQ.S. at-Tin dengan baik dan benar. |
·
Mendemontrasikan hafalan Q.S. at-Tin secara klasikal, kelompok atau individual. ·
Memotivasi siswa bertanya, misalnya:
mengapa membaca al-Qur’ān harus
dengan makhrijul huruf yang benar? |
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharpakan siswa mampu:
1. Mendemontrasikan
hafalan Q.S. at-Tin secara
klasikal, kelompok atau individual.
2.
Memotivasi siswa bertanya, misalnya: mengapa
menghafal al-Qur’ān harus dengan makhrijul huruf yang benar?
D.
Materi
Pembelajaran.
1.
Tanya jawab
2.
Metode puzzel card atau
potongan ayat
3.
Drill (latihan)
B. Media, Alat dan Sumber Belajar
1.
Media
Visual
(kartu Potongan ayat)
2.
Alat
a. Poster
tulisan
b. Kartu
bertuliskan Q.S. at-Tin,
3.
Sumber
Belajar
a. Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls 4 SD, Kemdikbud Jakarta, 2014, Hal.
1-9,
b. Buku
Makhorijul Huruf
C. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No |
Kegiatan |
Wkt |
1. |
Pendahuluan a.
Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’abersama dipimpin
oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat; b.
Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek
pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan
yang ditentukan sebelumnya); c.
Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran; d.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi
Q.S. at-Tin, dan harakatnya; e.
Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai yaitu
peserta didik dapat mengetahui Q.S. at-Tin,dengan benar; f.
Menyampaikan cakupan Q.S. at-Tin; g.
Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mencermati,
menirukan, dan melafalkan Q.S. at-Tin; secara berulang-ulang
dengan benar. h.
Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan
di papan tulis/whiteboard, potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar
dan mudah dilihat/dibaca atau gambar), jika memungkinkan
melalui tayangan slide (media LCD projector). Hal
ini dilakukan untuk mengkonkretkan antara apa yang disebutkan dan bentuk
tulisannya |
20 menit |
2. |
Kegiatan Inti Sub Tema
B. Menghafal Q.S.
at-Tin 1. Guru memberi motivasi
berkaitan dengan hikmat atau sya'faat bagi orang yang membaca
al-Quran dengan mengajak peserta didik untuk mengamati dan ceritakan gambar. 2.
Peserta didik menjawab pertanyaan “Mengapa kita perlu menghafal Q.S.
at-Tin? Lihat buku teks. 3. Siapa di antara kalian yang sudah hafal Q.S.
at-Tin? Jika ada, mintalah untuk memperdengarkan hafalan itu kepada teman-temannya. Jika tidak, ajaklah
peserta didik menghafalkanny dengan cara mengajak
siswa buat permainan menyusun cepat dengan menggunakan kartu puzzel potongan
ayat Q.S. at-Tin. Catatan umum. Setiap
akhir pembelajaran, setiap kompetensmenghafal, Guru selalu memberikan
penguatan, terutama bagi peserta didik yang tergolong lambat, dan senantiasa memberikan motivasi belajar. |
100 menit |
3. |
Penutup a. Peserta
didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru b. Melaksanakan penilaaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya; c. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas
baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. |
20 menit |
D.
Penilaian
Guru
melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menghafal surah Q.S. at-Tin
No. |
Nama Peserta
Didik |
Katagori |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
1 = kurang 2 = sedang 3
= lancar 4 = sangat lancar
Keterangan:
Sangat lancar : Hafalan lancar,
tart³l, lagu/berirama
Lancar : Hafalan lancar
sesuai kaidah bacaan
Sedang : Hafalan kurang
lancar sesuai kaidah bacaan.
Kurang : Hafalan tidak
lancar
Konversi
dalam Bentuk Angka:
Sangat lancar = 4 dan skor yang diperoleh 4/4 x 100 = 100
lancar = 3 dan skor yang diperoleh 3/4 x
100 = 75
Sedang = 2 dan skor yang diperoleh 2/4 x
100 = 50
Kurang = 1 dan skor yang diperoleh 1/4 x 100 = 25
I. Pengayaan
Dalam
kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah mencapai kompetensi yang
ditentukan (membaca dan menghafal Q.S. at-Tin dengan tart³l, lancar, dan baik-benar)
diminta untuk mengerjakan materi
pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. Untuk
kompetensi menghafal, guru boleh menjadikan peserta didik sebagai tutor sebaya,
untuk memantapkan kemampuannya. Alternatif lain, peserta didik
dapat membaca/ menghafal/menulis ayat/surat pendek yang lain.
J. Remidi
Bagi peserta didik yang belum menguasai materi,
guru terlebih dahulu mengidentifikasi hal-hal yang belum dikuasai.
Berdasarkan itu, peserta didik kembali mempelajarinya dengan bimbingan guru, dan melakukan penilaian kembali. Pelaksanaan remedi dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai
dengan keadaan, misal 30 menit setelah jam belajar
selesai.
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN …….
…………………………….. NIP. …………………… |
Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI
.................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar