RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
Mata Pelajaran |
: Pendidikan Agama Islam |
Kelas / Semester |
: I / 2 |
Standar Kompetensi |
: 8. Membiasakan perilaku terpuji |
Kompetensi Dasar |
: 8.1 Menampilkan perilaku rajin |
Alokasi Waktu |
: 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan ) |
Tujuan Pembelajaran** :
1. Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh
perilaku rajin
2. Siswa dapat menampilkan dan membiasakan
perilaku rajin
3. Siswa dapat menunjukkan keuntungan orang yang
jujur
Karakter
siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran :
1.
Perilaku rajin
Metode Pembelajaran :
1.
siswa mengadakan diskusi kelompok dengan teman-temannya tentang perilaku
rajin
2.
Siswa berlatih untuk memberikan contoh-contoh perilaku rajin
3.
Siswa berlatih untuk menunjukkan keuntungan orang yang jujur
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
F
Apersepsi
: memberikan contoh-contoh perilaku rajin
F
Motivasi :
menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus
dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru
tentang bahan ajar yang disajikan
F
Siswa memberikan contoh-contoh perilaku rajin
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyampaikan pendapat tentang keuntungan
perilaku rajin
F
Siswa mengamati gambar peraga dalam buku dan mengemukakan pendapatnya
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberikan tugas siswa untuk menuliskan
contoh perilaku rajin dari pengalaman mereka masing-masing dan menulisnya di
buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar-gambar
peraga yang mencerminkan perilaku tolong menolong
2. Perilaku
siswa yang suka tolong menolong
3. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis
4. Buku-buku
lain yang relevan
5. Alquran
(juz Amma)
6. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
7. Pengalaman
guru
8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator
Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Contoh
Instrumen / Soal |
Ø Menunjukkan
contoh perilaku rajin Ø
Menampilkan perilaku rajin Ø
Menunjukkan keuntungan orang yang rajin |
Tes tulis Tes tulis Tes tulis |
Pilihan ganda Jawaban singkat Jawaban singkat |
1. Murid-murid mendapat nilai yang baik karena rajin ….?
2. Bagaimana salah satu cara belajar yang baik 3. Bagaimana salah satu cara belajar yang baik? |
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk
( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar *
semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama Partisipasi |
*
bekerjasama *
kadang-kadang kerjasama *
tidak bekerjasama *
aktif berpartisipasi *
kadang-kadang aktif *
tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk
Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN………. ………………………… NIP. …………………… |
Kota Jantho, 20…… Guru Mata Pelajaran PAI ……………………………….. NIP. …………………………… |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar