RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
: Pendidikan Agama Islam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas / Semester |
: II / 2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Standar Kompetensi |
: 7.Mengenal Asmaul Husna |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar |
: 7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu |
: 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan) Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat menyebutkan lima dari Asmaul
Husna dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi
Pembelajaran : 1.
Asmaul
Husna .
Metode Pembelajaran : 1.
Siswa menyebutkan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran: 1. Kegiatan Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi : F
Mengupas
secara singkat tentang kebesaran Allah F Mengajukan pertanyaan untuk siswa yang telah mengetahui
beberapa sifat Allah 2. Kegiatan Inti : & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Siswa secara klasikal menyebutkan
lima dari Asmaul Husna mengikuti bacaan guru F Siswa secara berkelompok menyebutkan lima dari Asmaul
Husna F Siswa secara individu menyebutkan lima dari Asmaul Husna & Konfirmasi Dalam kegiatan
konfirmasi, guru: F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan 3. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Siswa diminta menulis lima dari Asmaul Husna
di buku tugas
Alat / Sumber Belajar: 1. Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan
karton atau papan tulis 2. Buku Pendidikan Agama Islam 3. Buku-buku lain yang relevan 4. Pengalaman guru 5. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Format
Kriteria Penilaian 1.Produk ( hasil diskusi )
2.Performansi
3. Lembar
Penilaian
CATATAN
: Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar