RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 2 Semester 2 T/A 2020

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

II / 2

Standar Kompetensi

7.Mengenal Asmaul Husna

Kompetensi Dasar

7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna

Alokasi Waktu

3 ´ 35  menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran**    :           

1.       Siswa dapat menyebutkan lima dari Asmaul Husna dengan benar

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

 

Materi Pembelajaran  :      

1.       Asmaul Husna .

 

Metode Pembelajaran       :

1.       Siswa menyebutkan lima dari Asmaul Husna secara klasikal, kelompok dan individu

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan :

Apersepsi  dan Motivasi :

F Mengupas secara singkat tentang kebesaran Allah

F Mengajukan pertanyaan untuk siswa yang telah mengetahui beberapa sifat Allah

2.    Kegiatan Inti :

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa secara klasikal menyebutkan lima dari Asmaul Husna mengikuti bacaan guru

F Siswa secara berkelompok menyebutkan lima dari Asmaul Husna

F Siswa secara individu menyebutkan lima dari Asmaul Husna

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa diminta menulis lima dari Asmaul Husna di buku tugas

 

Alat / Sumber Belajar:

1.     Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton atau papan tulis

2.     Buku Pendidikan Agama Islam

3.     Buku-buku lain yang relevan

4.     Pengalaman guru

5.     Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Ø   Menyebutkan lima Asmaul Husna

                                              

Tes tulis

 

 

Pelafalan

Pilihan ganda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Esay

 

 

 

 

 

 

 

Jawaban singkat

1.   Hadis Nabi yang artinya :

“Sesungguhnya Allah SWT mempunyai 99 nama, barangsiapa hafal ( membaca tiap hari ) masuk surga” (H.R.Tirmizi) di antara 99 nama Allah SWT itu ada 5 yang harus kita tahu yaitu Sebutkan lima Asmaul Husna!

2.   Allah SWT mempunyai nama al-gafur artinya .…

a.       Maha Pengampun

b.       Maha Pencipta

c.        Maha Penyelamat

3.   Suka memberi pertolongan sebagai cermin nama Allah SWT .…

a. As-Sami’                           b. As-salam c. Al-basir

4.   Bersikap mendengarkan sewaktu diberi pelajaran sebagai cermin nama Allah SWT .…

a. As salam                           b. al-khaliq c. as-sami’

5.   Ana dan ani saling berjabatan tangan untuk saling minta maaf. Sebagai pengamalan nama Allah SWT .…

6.   Tukang kayu dapat membuat kursi, sebagai pengamalan nama Allah SWT .…

7.   Nabi Ibrahim selamat dari kobaran api yang menyala-nyala, berarti Allah SWT maha .…

8.   Tukang batu membuat gedung. Hal ini sebagai cerminan nama Allah SWT apa?

9.   Kita tidak mau mencorat-coret tembok, walaupun tidak ada yang tahu. Hal ini sebagai cerminan nama Allah SWT apa?

10.       Mengapa benda yang kecilpun selalu dilihat oleh Allah SWT?

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8...

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true