ANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
Mata Pelajaran |
: Pendidikan Agama Islam |
Kelas / Semester |
: I / 2 |
Standar Kompetensi |
: 6. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran |
Kompetensi Dasar |
: 6.3 Menghafal QS Al Asr dengan lancar |
Alokasi Waktu |
: 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan ) |
|
Tujuan Pembelajaran** :
1. Siswa dapat melafalkan surah Al Asr dengan
benar
2. Siswa dapat menghafalkan surah Al Asr dengan
lancar dan benar
3. Siswa dapat membiasakan membaca surah Al Asr
Karakter
siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian
( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran :
1. Surah Al Asr
Metode Pembelajaran :
1.
Siswa melafalkan surah Al Asr secara klasikal dan berkelompok
2. Siswa
menghafalkan surah Al Asr secara berkelompok dan individu
3. Siswa
membiasakan membaca surah Al Asr dalam kesempatan-kesempatan lain
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : menghafalkan surah Al Asr dan isi kandungannya serta keistimewaannya
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan
dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa menghafal surah Al Asr
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan surah Al Asr secara klasikal, kelompok
dan individu mengikuti bacaan guru
F Siswa mengulang-ulang lafal surah Al Asr secara kelompok
dan individu
F
Siswa yang telah
menguasai bahan hafalan, tampil ke depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah Sepenggal kisah yang
telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F
Guru
memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman dan
menuliskannya dalam buku tugas serta mengumpulkan tugas tersebut pada pertemuan
berikutnya. Siswa perlu dibimbing dalam membaca dan memahami soal tes
Alat / Sumber
Belajar:
1. Tulisan
lafal surah Al Asr pada karton atau papan tulis
2. Alquran
(Juz Amma)
3. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis
4. Buku-buku
lain yang relevan
5. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman
guru
7. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Penilaian |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh
Instrumen |
|
Ø Melafalkan Surah An Asr Ø Menghafal Surah
Al Asr dengan lancar Ø Membiasakan membaca Surah Al Asr |
Tes lisan Tes lisan Tes lisan |
Pelafalan Hafalan Hafalan |
1.
Lafalkan Surah Al Asr! 2.
Hafalkan Surah Al Asr! 3.
Amalkan Surah Al Asr secara rutin! |
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk
( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar *
semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama Partisipasi |
*
bekerjasama *
kadang-kadang kerjasama *
tidak bekerjasama *
aktif berpartisipasi *
kadang-kadang aktif *
tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk
Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
v
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN………. ………………………… NIP. …………………… |
Kota Jantho, 20…… Guru Mata Pelajaran PAI ……………………………….. NIP. …………………………… |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar