RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 3 Semester 2 T/A 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

:

Nama Sekolah

Pendidikan Agama Islam

:

Mata Pelajaran

III / 2

:

Kelas / Semester

8. Melakukan salat fardu

:

Standar Kompetensi

8.1 Menyebutkan salat fardu

:

Kompetensi Dasar

3 x 35 menit (1 x pertemuan)

:

Alokasi Waktu

 


Tujuan Pembelajaran             :     1.     Siswa dapat memahami dan menjelaskan pengertian salat

                                                                        fardu

                                                    2.     Siswa dapat menyebutkan nama-nama salat fardu

                                                    3.     Siswa dapat menunjukkan waktu pelaksanaan salat fardu

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran              :     Salat fardu (lihat buku pendidikan Agama Islam.

Metode Pembelajaran             :     1.     Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang pengertian salat fardu

                                                    2.     Siswa berlatih menyebutkan nama-nama salat fardu secara klasikal, kelompok dan individu

                                                    3.     Siswa berlatih menunjukkan waktu pelaksanaan salat fardu secara klasikal, kelompok dan individu

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.   Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa  

F Mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang masalah salat

F Mengkolerasikan pelajaran yang telah didapat tentang masalah salat dengan bahan ajar salat fardu (melalui fitur Mutiara Islam dan sepenggal kisah)

2.    Kegiatan Inti         

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa mendengarkan dan mengamati penjelasan guru tentang bahan ajar

F Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian salat fardu

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa secara klasikal, berkelompok dan individu menyebutkan nama-nama salat fardu

F Siswa secara berkelompok dan individu menunjukkan waktu pelaksanaan salat fardu

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu seputar masalah salat fardu dan waktu pelaksanaannya

F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Lafal bacaan salat di karton

2.    Gambar peraga salat

3.    Buku tata cara salat

4.    Buku Pendidikan Agama Islam.

5.    Kaset dan CD tentang tatacara salat

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

F Menuliskan huruf-huruf Alquran

F Menuliskan huruf-huruf Alquran melalui kata

F Menuliskan huruf Alquran melalui kalimat/ayat

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

 

 

 

 

 

Penulisan

Penulisan

Penulisan

 

 

F  Tuliskan huruf-huruf Alquran dengan benar

F  Tuliskan kata-kata di bawah ini dengan huruf Alquran sambung:

a)       taidakhraga

b)       alimun

c)       markazun

F  Tuliskan kalimat-kalimat dibawah ini dengan huruf Alquran sambung:

þ  di ashabil fil

þ  yaj’ai kaidahum

þ  tairan abadil

 

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN …….

 

 

 

 

……………………………..

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              2020

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

..................................

NIP. .............................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true