RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN 3 KOTA JANTHO
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 7. Mengenal
malaikat dan tugasnya
Kompetensi
Dasar : 7.1 Menjelaskan
pengertian malaikat
Alokasi
Waktu : 3 ´
35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian malaikat
2. Siswa dapat menjelaskan kejadian malaikat
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian (respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility ),
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi
Pembelajaran : Pengertian
malaikat dan kejadiannya
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi kelompok dengan teman-temannya
membahas pengertian malaikat
2. Siswa mengadakan diskusi dan Tanya jawab
dengan teman-temannya membahas asal
kejadian malaikat
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F
Menayakan
kepada beberapa siswa tentang siapa malaikat, peran dan tugasnya
F Memperhatikan bahan ajar yang menarik dan berguna siswa
(melalui fitur Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti .
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Beberapa siswa membaca bahan ajar kejadian malaikat, siswa lainnya
menyimak dengan baik
F
Siswa
mendengarkan dan mengawasi uraian guru
tentang bahan ajar yang disajikan
F Siswa menjelaskan kejadian
malaikat berdasarkan penjelasan guru dan bahan bacaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa mengartikan definisi malaikat
F
Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang
perbedaan antara malaikat dan manusia
F
Siswa mengerjakan tugas-tugas dari guru
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman
siswa tentang malaikat dan asal kejadiannya
F Siswa diminta menyimpulkan
kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
Alat / Sumber
Belajar:
1. Tulisan nama-nama
malaikat dan tugas-tugasnya
2. Buku Pendidikan Agama
Islam
3. Buku yang relevan
4. Alquran (Juz Amma)
5. Kaset/CD tentang
malaikat dan tugasnya
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
Ø
Menjelaskan pengertian malaikat Ø
Menjelaskan kejadian malaikat |
Tes tulis Tes tulis |
Essay Jawaban singkat |
Ø Apa yang dimaksud malaikat adalah makhluk gaib? Ø Dari apakah malaikat diciptakan Allah? |
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
*
semua benar *
sebagian besar benar * sebagian
kecil benar *
semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama Partisipasi |
*
bekerjasama *
kadang-kadang kerjasama *
tidak bekerjasama *
aktif berpartisipasi *
kadang-kadang aktif *
tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar
Penilaian
No |
Nama
Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah
Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN ……. …………………………….. NIP. …………………… |
Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI .................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar