RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Materi
Pokok : Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah Swt.
Sub
Materi :
Rasul Ulul ‘Azmi
Alokasi
Waktu : 4 X 35
Menit
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode
literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap
menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan
pendapat, siswa dapat :
Ø Menunjukkan sikap sabar
dan jujur sebagai implementasi dari pemahaman mengenal nama-nama Rasul Allah
dan Rasul Ulul ‘Azmi.
Ø Menghafal nama-nama
rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.
B. LANGKAH
- LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit) |
|
Penguatan
Pendidikan Karakter |
v Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin |
v Mengaitkan materi pembelajaran yang
akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya,
mengingatkan kembali materi dengan bertanya,
|
|
v Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari materi Rasul Ulul ‘Azmi dalam kehidupan sehari-hari |
|
v Memberitahukan tentang tujuan
pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM
pada pertemuan yang sedang berlangsung v Pembagian kelompok belajar |
|
KEGIATAN
INTI ( 170 Menit) |
|
Literasi |
v Peserta didik diberi stimulus atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada Rasul Ulul
‘Azmi. melalui pendekatan saintifik
(mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan
mengolah informasi, mengomunikasikan) Mengamati Peserta didik
bersama kelompoknya melakukan
pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan Rasul
Ulul ‘Azmi |
Critical
Thinking |
v Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan
yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang Rasul Ulul ‘Azmi. , Misalnya Ø Sebutkan
arti Ulul ‘Azmi. Ø Rasul
Ulul ’Azmi ada 5 orang. Sebutkan. |
Collaboration
(Kerja Sama) |
Siswa
berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku v Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Rasul Ulul ‘Azmi Ø Peserta
didik diminta untuk membentuk kelompok
Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan
informasi dan mengasosiasi/menganalisis melalui diskusi kelompok: Ø Setiap
kelompok diminta kembali untuk mencermati dan mendiskusikan apa yang dimaksud dengan Rasul Ulul ‘Azmi
dan siapa saja yang termasuk ke dalam Rasul Ulul ‘Azmi. Ø Masing-masing
kelompok memaparkan hasil diskusinya dan kelompok lain ikut mengamati dan
mengemukakan pertanyaan-pertanyaan terhadap hasil pemaparan kelompok. Ø Guru
memberikan penguatan dengan menjelaskan kembali hal-hal yangberkaitan dengan
Rasul Ulul ‘Azmi berdasarkan buku teks dan sumber lain yang relevan. |
Communication
(Komunikasi |
Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu v Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan tentang Rasul Ulul ‘Azmi.. dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi yang dilakukan, dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
Creativity
(Kreativitas |
Kesimpulan
Pembelajaran v Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan tentang Rasul
Ulul ‘Azmi v Peserta didik bertanya tentang hal
yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada
siswa berkaitan dengan yang akan
selesai dipelajari |
PENUTUP
(15 Menit) |
|
Peserta
didik |
v Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
Guru |
v Memeriksa pekerjaan peserta didik
yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan
penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik
dalam kegiatan pembelajaran. v Memberikan tugas kepada peserta
didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan
dibahas dipertemuan berikutnya. |
C. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
Tes
Tertulis |
: Menjelaskan Rasul Ulul
‘Azmi |
|
|
Proyek |
: |
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN ……. …………………………….. NIP. …………………… |
Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI .................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar