RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
: Pendidikan Agama Islam |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas / Semester |
: I / 2 |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Standar Kompetensi |
: 7. Mengenal dua kalimat syahadat |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar |
: 7.1 Melafalkan syahadat tauhit dan syahadat rasul |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu |
: 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan ) Tujuan
Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat melafalkan syahadat tauhit
dan syahadat rasul dengan benar
Karakter
siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : 1.
Syahadat
Metode Pembelajaran : 1.
Siswa melafalkan syahadat tauhit dan
syahadat rasul secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran: 1. Kegiatan Pendahuluan F Apersepsi : menghafalkan syahadat tauhit dan syahadat
rasul dengan benar F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan
dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa 2. Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat
bersama-sama & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Siswa melafalkan dua
kalimat syahadat berkelompok F Siswa melafalkan dua kalimat
syahadat secara individu & Konfirmasi Dalam kegiatan
konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan 3. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Guru memberi tugas siswa untuk menulis lafal dua
kalimat syahadat di buku tugas
Alat / Sumber Belajar: 1. Teks
lafal dua kalimat syahadat pada karton atau papan tulis 2. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis 3. Buku-buku
lain yang relevan 4. Alquran
(Juz Amma) 5. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan 6. Pengalaman
guru 7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Format
Kriteria Penilaian 1.Produk
( hasil diskusi )
2.Performansi
3. Lembar Penilaian
CATATAN : Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk
Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar