RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 2 Semester 2 T/A 2020

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

II / 2

Standar Kompetensi

6. Membaca dan menulis huruf Alquran

Kompetensi Dasar

6.1 Membaca huruf Hijaiah bersambung

Alokasi Waktu

Membaca huruf Hijaiah bersambung


Tujuan Pembelajaran**    :           

1.       Siswa dapat mengenal huruf Hijaiah bersambung

2.       Siswa dapat membaca huruf Hijaiah bersambung

3.       Siswa dapat memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah secara benar

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

 

Materi Pembelajaran  :        

1.       Huruf hijaiah bersambung .

 

Metode Pembelajaran  :   

1.       Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang huruf Hijaiah bersambung

2.       Siswa berlatih membaca huruf Hijaiah bersambung

3.       Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang bentuk perubahan huruf Hijaiah

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

F Siswa menyebutkan kembali huruf Hijaiah yang telah mereka hafal

F Guru mengenalkan bahan ajaran kepada siswa mengenai huruf Hijaiah bersambung

2.    Kegiatan Inti         

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang huruf Hijaiah bersambung dan bentuk-bentuknya

F Siswa mengenal tentang huruf Hijaiah bersambung

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa membaca huruf Hijaiah bersambung secara klasikal dan kelompok mengikuti bacaan guru

F Siswa memahami tentang bentuk perubahan huruf Hijaiah

F Siswa menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan bahan ajar

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.    Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa diminta melakukan aktivitas

F Siswa diminta menulis bentuk-bentuk perubahan huruf Hijaiah di buku tugas

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Tulisan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis

2.    Tulisan lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis

3.    Buku tajwid

4.    Buku Pendidikan Agama Islam.

5.    Alquran

6.    Kaset dan CD Alquran

7.    Pengalaman guru

8.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Ø   Mengenal huruf Hijaiah Bersambung

 

 

Ø   Membaca huruf Hijaiah bersambung

 

Ø   Memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah secara benar

 

Tes tulis

 

 

 

Tes lisan

 

 

Tes tulis

Pilihan ganda

 

 

 

Pelafalan

 

 

Jawaban singkat

Pilihan ganda

 

Esay

 

 

Jawaban singkat

1.        يُنْصَرُ    terdiri dari ?

a. ي ن ر

b. ي ن ص

c. À Ç à è

 

2.        Lafalkan huruf-huruf Hijaiah bersambung berikut!

3.        عَمِلُ, mim pada kata tersebut berharakat …

4.        Setiap membaca satu huruf al-Quran mendapat pahala satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipatkan .…

a. 10 kebaikan              

b. 20 kebaikan                

c. 30 kebaikan

5.        ضَ رَ بَ huruf sambungnya .…

a.  بَرَضَ                              

b.  ضَرَبَ                                   

 c.  رَبَضَ

6.        ( ____ ) tanda mad di samping disebut .…

7.        لَه jika ditulis huruf latin .…

8.        Saja jika ditulis huruf al-Quran .…

9.        Tulislah tanda mad fathah berdiri!

10.     Bagaimana cara menulis sambung kalimat رَجَ عَ?

11.     اَمِّه tulislah ke dalam huruf latin kata di samping!

12.     Hadis Nabi yang artinya :                                “Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah (al-Quran), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dilipatgandakan sepuluh kebajikan. Saya tidak mengatakan المّ itu satu huruf, akan tetap[i alif itu satu huruf, lam satu huruf dan mim …………” (al Hadis)

 

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true