RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
: Pendidikan
Agama Islam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas / Semester |
: III / 2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Standar Kompetensi |
: 6. Mengenal sifat mustahil Allah SWT |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar |
: 6.1 Menyebutkan sifat mustahil Allah SWT |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu |
: 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan) Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat memahami dan menjelaskan pengertian
sifat mustahil bagi Allah SWT 2. Siswa dapat menyebutkan sifat mustahil bagi
Allah SWT 3. Siswa dapat menghafal sifat mustahil bagi Allah
SWT
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Sifat mustahil Allah SWT.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi
kelompok dengan teman-temannya membahas sifat mustahil bagi Allah SWT dan
pengertiannya 2.
Siswa berlatih menyebutkan sifat
mustahil bagi Allah SWT 3.
Siswa menghafal sifat mustahil bagi
Allah SWT Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran: 1. Kegiatan Pendahuluan Apersepsi dan Motivasi : F Memberikan cerita singkat dan menarik yang berkaitan
dengan bahan ajar (melalui sepenggal kisah) F Mengajukan beberapa pertanyaan tentang sifat wajib bagi
Allah SWT F Memberi pendahuluan menggunakan fitur Mutiara Islam
tentang bahan ajar yang disampaikan 2. Kegiatan Inti. & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F
Siswa menyampaikan pendapat tentang definisi sifat mustahil
bagi Allah SWT F
Siswa
menyebutkan sifat mustahil bagi Allah SWT secara klasikal, kelompok dan
individu F
Siswa
menghafal sifat mustahil bagi Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu & Konfirmasi Dalam kegiatan
konfirmasi, guru: F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan 3. Kegiatan
Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F
Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah
menggunakan bahasa sendiri F Guru mendengarkan siswa mengulang penyebutan sifat
mustahil bagi Allah SWT secara klasikal dan berkelompok
Alat / Sumber Belajar: 1. Tulisan
sifat mustahil bagi Allah SWT di karton atau papan tulis 2. Buku
Pendidikan Agama Islam. 3. Buku-buku
lain yang relevan 4. Pengalaman
guru 5. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Format Kriteria Penilaian 1.Produk (
hasil diskusi )
2.Performansi
3. Lembar
Penilaian
CATATAN : Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar