RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN 3 Kota
Jantho
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Materi
Pokok : Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah Swt.
Sub
Materi :
Tugas dan Sifat Rasul-Rasul Allah Swt.
Alokasi
Waktu : 4 X 35
Menit
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode
literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap
menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan
pendapat, siswa dapat :
Ø Memahami Tugas dan Sifat
Rasul-Rasul Allah Swt.
B. LANGKAH
- LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit) |
|
Penguatan
Pendidikan Karakter |
v Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin |
v Mengaitkan materi pembelajaran yang
akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya,
mengingatkan kembali materi dengan bertanya,
|
|
v Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari materi Tugas dan
Sifat Rasul-Rasul Allah Swt.dalam kehidupan sehari-hari |
|
v Memberitahukan tentang tujuan
pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM
pada pertemuan yang sedang berlangsung v Pembagian kelompok belajar |
|
KEGIATAN
INTI ( 170 Menit) |
|
Literasi |
v Peserta didik diberi stimulus atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada Tugas dan
Sifat Rasul-Rasul Allah Swt. melalui
pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen,
mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) Mengamati Peserta
didik bersama kelompoknya melakukan
pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan Tugas
dan Sifat Rasul-Rasul Allah Swt. Ø Peserta
didik secara klasikal mencermati penjelasan guru (atau peserta didik yang
ditunjuk sebagai model) tentang tugas dan sifat-sifat yang dimiliki oleh
rasul Allah Swt. Ø Peserta
didik diminta mengamati gambar tentang materi tugas dan sifat rasul-rasul
Allah swt. Untuk gambar ini dapat dilihat pada Buku Siswa. |
Critical
Thinking |
v Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan
tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran
tentang Tugas dan
Sifat Rasul-Rasul Allah Swt. , Misalnya Ø Amanah
artinya dapat dipercaya. Jelaskan contohnya. |
Collaboration
(Kerja Sama) |
Siswa
berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku v Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Tugas dan Sifat Rasul-Rasul Allah Swt. Ø Peserta
didik diminta untuk membentuk kelompok
Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan
informasi dan mengasosiasi/menganalisis melalui diskusi kelompok: Ø Selanjutnya,
peserta didik kembali pada kelompok masing-masing dan mencermati serta
mendiskusikan isi dialog yang dilakukan oleh Fatimah dan ayahnya tentang
sifat-sifat rasul Allah Swt. Ø Masing-masing
kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain memberikan tanggapan
atau pertanyaan-pertanyaan yang relevan. Ø Guru
memberikan penguatan dengan menjelaskan kembali tentang Sifat-sifat yang
dimiliki rasul Allah Swt. berdasarkan buku teks dan sumber lainnya yang
relevan.. |
Communication
(Komunikasi |
Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu v Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan tentang Tugas dan Sifat Rasul-Rasul Allah Swt.. dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi yang dilakukan, dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
Creativity
(Kreativitas |
Kesimpulan
Pembelajaran v Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan tentang Tugas
dan Sifat Rasul-Rasul Allah Swt. v Peserta didik bertanya tentang hal
yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada
siswa berkaitan dengan yang akan
selesai dipelajari |
PENUTUP
(15 Menit) |
|
Peserta
didik |
v Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
Guru |
v Memeriksa pekerjaan peserta didik
yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan
penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik
dalam kegiatan pembelajaran. v Memberikan tugas kepada peserta
didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan
dibahas dipertemuan berikutnya. |
C. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
Tes
Tertulis |
: Menjelaskan Tugas dan Sifat
Rasul-Rasul Allah Swt. |
|
|
Proyek |
: |
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN ……. …………………………….. NIP. …………………… |
Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI .................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar