RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
: Pendidikan Agama Islam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas / Semester |
: II / 2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Standar Kompetensi |
: 9. Membiasakan salat secara
tertib |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar |
: 9.1 Mencontoh gerakan salat |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu |
: 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan) Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat menunjukkan gerakan salat dengan
tertib 2. Siswa dapat mempraktikkan gerakan salat
dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran
: 1.
Salat .
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan temannya
tentang gerakan-gerakan salat dari gambar peraga 2.
Siswa berlatih menunjukkan gerakan
salat 3. Siswa mempraktikkan gerakan salat dengan
benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran: 1. Kegiatan
Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi : F Pembahasan singkat pengalaman siswa yang telah
melaksanakan salat F Memperkenalkan
pokok-pokok bahan ajaran yang akan dipelajari 2. Kegiatan Inti
: & Eksplorasi Dalam kegiatan
eksplorasi, guru: F Siswa memperhatikan uraian guru tentang bahan ajar dan gambar
peraga & Elaborasi Dalam kegiatan
elaborasi, guru: F Siswa berlatih
melakukan gerakan salat bersama teman satu kelas kemudian satu kelompok F Siswa melakukan gerakan salat secara individu F Siswa melaksanakan tugas dari guru & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan 3. Kegiatan Penutup Dalam
kegiatan penutup, guru: F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah
menggunakan bahasa sendiri F Siswa memahami bacaan intisari F Siswa
mengerjakan latihan yang ada di untuk ditulis di buku tugas
Alat / Sumber Belajar: 1. Gambar peraga salat 2. Lafal bacaan salat 3. Buku tata cara salat 4. Buku Pendidikan Agama
Islam. 5. Pengalaman guru 6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Format
Kriteria Penilaian 1.Produk (
hasil diskusi )
2.Performansi
3.
Lembar Penilaian
CATATAN : Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10. v
Untuk
Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar