RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 2 Semester 2 T/A 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

II / 2

Standar Kompetensi

6. Membaca dan menulis huruf Alquran

Kompetensi Dasar

6.2. Menulis huruf Hijaiah bersambng

Alokasi Waktu

3 ´ 35  menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran**    :           

1.       Siswa dapat memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung

2.       Siswa dapat mempraktikkan menulis huruf Hijaiah bersambung

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

 

Materi Pembelajaran  :         Huruf hijaiah bersambung .

 

Metode Pembelajaran  :    1.          Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya

                                                            tentang cara menulis huruf hijaiah bersambung

                                      2.         Siswa berlatih menulis huruf Hijaiah bersambung

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

F Cerita singkat dari pengetahuan siswa tentang bahan ajar yang lalu

F Memperkenalkan bahan ajar kepada siswa tentang cara menulis huruf Hijaiah bersambung

2.    Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa mendengarkan uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan

F Siswa memahami tentang cara menulis huruf Hijaiah

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa mempraktikkan menulis huruf Hijaiah

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa diminta melakukan aktivitas

F Siswa memahami bacaan intisari

F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan serta menulisnya di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Tulisan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis

2.    Tulisan lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis

3.    Buku tajwid

4.    Buku Pendidikan Agama Islam

5.    Alquran (Juz Amma)

6.    Kaset dan CD Alquran

7.    Pengalaman guru

8.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Ø  Memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

Jawaban singkat

Pilihan ganda

 

Esay

 

 

Jawaban singkat

 

 

 

1.     Bagaimana bentuk tengah huruf ح س ل ?

2.     اُمِّه jika ditulis huruf latin menjadi .…

a. ummihī                                 

b. umihī                        c. ummihi

3.     Tanda panjang dengan fathah berdiri ( ___ ) dibaca .…

a. ū                               b. ī                                    

c. ā

4.     ( ___ ) tanda panjang di samping disebut .…

a. tanda mad fattah                   

b. tanda mad kasrah     

c. tanda mad dammah

5.     Tanda panjang (mad) fathah berdiri dibaca a sama dengan .…

6.     مَجَلَ jika ditulis abjad atau dipisah .…

7.     اَمِّه tulislah ke dalam huruf latin kata di samping!

8.     Tulislah menurut abjad سَمِعَ !

9.     Sebutkan tanda baca panjang (mad) yang kamu ketahui!

10.  Sambukan Huruf Ini ....... :       ظَ   هـَ   رَ

11.  Sambukan Huruf Ini........ :       ضَ   عِ   يْ   فٌ

 

12.  Sambukan Huruf Ini.......... :       أَ   خَ   ذَ   تْ   كُ   مْ

13.  Sambukan Huruf Ini...... :      لُ   بَ   دًا

 

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

 

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true