RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
: Pendidikan Agama Islam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas / Semester |
: II / 2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Standar Kompetensi |
: 6. Membaca dan menulis huruf Alquran |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar |
: 6.2. Menulis huruf Hijaiah bersambng |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu |
: 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan) Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat memahami cara menulis huruf
Hijaiah bersambung 2. Siswa dapat mempraktikkan menulis huruf
Hijaiah bersambung
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran : Huruf hijaiah bersambung .
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang
cara menulis huruf hijaiah bersambung 2. Siswa berlatih menulis huruf Hijaiah
bersambung
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran: 1. Kegiatan Pendahuluan Apersepsi dan Motivasi : F
Cerita
singkat dari pengetahuan siswa tentang bahan ajar yang lalu F
Memperkenalkan
bahan ajar kepada siswa tentang cara menulis huruf Hijaiah bersambung 2. Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa mendengarkan uraian guru
tentang bahan ajar yang disampaikan F Siswa memahami tentang cara
menulis huruf Hijaiah & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Siswa mempraktikkan menulis huruf Hijaiah & Konfirmasi Dalam kegiatan
konfirmasi, guru: F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan 3. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F
Siswa
diminta melakukan aktivitas F
Siswa
memahami bacaan intisari F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan
serta menulisnya di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar: 1. Tulisan
lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis 2. Tulisan
lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis 3. Buku
tajwid 4. Buku
Pendidikan Agama Islam 5. Alquran
(Juz Amma) 6. Kaset
dan CD Alquran 7. Pengalaman
guru 8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Format
Kriteria Penilaian 1.Produk ( hasil diskusi )
2.Performansi
3. Lembar Penilaian
CATATAN : Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar