RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 2 Semester 2 T/A 2020

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

II / 2

Standar Kompetensi

9.  Membiasakan salat secara tertib

Kompetensi Dasar

9.2 Mempraktikkan salat secara tertib

Alokasi Waktu

3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)


Tujuan Pembelajaran**    :

1.       Siswa dapat melaksanakan salat dengan sempurna

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

 

Materi Pembelajaran  :      

1.       Salat .

 

Metode Pembelajaran  :   

1.       Siswa berlatih menyerasikan gerakan salat dan bacaan salat

2.       Siswa mempraktikkan salat dengan gerakan dan bacaan salat secara sempurna

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan :

Apersepsi  dan Motivasi :

F Guru mengingatkan kembali pentingnya salat sebagai seorang muslim

F Siswa menghafal bacaan salat yang telah dipelajari

2.    Kegiatan Inti :       

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa menghafal bacaan salat secara bersama-sama dan sendiri-sendiri

F Siswa menghafal gerakan salat secara bersama-sama dan sendiri-sendiri

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa memperaktikkan keserasian bacaan salat dan gerakan salat di atas secara                bersama-sama, kemudian mempraktikkan secara individu

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa melakukan aktivitas

F Siswa memahami bacaan intisari

F Siswa mengerjakan latihan

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Lafal bacaan salat

2.    Gambar peraga gerakan salat

3.    Kelas/ruangan/mushala

4.    Perlengkapan salat

5.    Buku tata cara salat

6.    Buku Pendidikan Agama Islam

7.    Pengalaman guru

8.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Ø  Melaksanakan salat dengan sempurna

Tes praktik

 

 

Praktik

 

1.       Praktikkan salat dengan sempurna ?

2.       Pahala salat berjamaah….

a. 47 derajat                  b. 37 derajat

c. 27 derajat

3.       Jika jamaah itu orang laki-laki dan perempuan yang menjadi imam adalah .…

a. laki-laki                    

b. perempuan               

c. orang tua

4.       Dalam salat berjamaah harus ada imam dan…

5.       Salat berjamaah boleh dikerjakan di mana saja asal suci dari .…

6.       Bolehkah seoranglaki-laki menjadi makmum seorang perempuan?

7.       Bagaimana seharusnya saf dalam salat ebrjamaah?

8.       Sebutkan keutamaan salat berjamaah dibandingkan dengan salat munfarid ?

 

 

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true