RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 1 Semester 2

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

I / 2

Standar Kompetensi

9. Membiasakan bersuci (taharah)

Kompetensi Dasar

9.2. Mempraktikkan tata cara berwudu

Alokasi Waktu

3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran**  :   

1.         Siswa dapat mempraktikkan tata cara berwudu dengan benar

2.         Siswa dapat membiasakan berwudu dengan benar sebelum melaksanakan salat lima waktu

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran :

1.         Wudu.

 

Metode Pembelajaran    :   

1.         Siswa mempraktikkan tata cara berwudu dengan benar

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan

F Apersepsi : melafalkan urutan berwudu secara klasikal dan berkelompok

F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

2.    Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa mendemonstrasikan pelaksanaan berwudu dengan sempurna

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa berlatih berwudu secara kelompok kemudian individu           

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.    Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa melakukan aktivitas. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut

F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri.

F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru.

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Gambar tata cara berwudu pada karton atau lainnya

2.    Tempat dan peralatan berwudu (kran air)

3.    Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis

4.    Buku-buku lain yang relevan

5.    Alquran (juz Amma)

6.    Kaset dan CD Alquran atau peralatan dan teknologi komunikasi yang relevan

7.    Pengalaman guru

8.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh  Instrumen / Soal

Ø  Mempraktikkan tata cara berwudu dengan benar

Ø  Membiasakan berwudu dengan benar

Tes unjuk kerja

Tes lisan

 

Praktik

 

Hafalan

1.           Hafalkan urutan berwudu

2.           Biasakan berwudu dengan benar!

3.           Rukun wudu adalah sesuatu yang harus dikerjakan dalam wudu, seperti :

 

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true