RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
: Pendidikan Agama Islam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas / Semester |
: I / 2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Standar Kompetensi |
: 9. Membiasakan bersuci (taharah) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar |
: 9.2. Mempraktikkan tata cara berwudu |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu |
: 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan ) Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat mempraktikkan tata cara berwudu dengan benar 2.
Siswa dapat membiasakan berwudu dengan benar sebelum melaksanakan salat
lima waktu
Karakter
siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : 1.
Wudu.
Metode Pembelajaran : 1.
Siswa mempraktikkan tata cara berwudu dengan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran: 1. Kegiatan Pendahuluan F
Apersepsi
: melafalkan urutan berwudu secara klasikal dan berkelompok F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan
dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa 2. Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa mendemonstrasikan pelaksanaan berwudu
dengan sempurna & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F
Siswa berlatih berwudu secara kelompok kemudian individu & Konfirmasi Dalam kegiatan
konfirmasi, guru: F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan 3. Kegiatan
Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F
Siswa
melakukan aktivitas. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus
dipersiapkan dan dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut F
Siswa
diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal kisah yang telah dibacakan
menggunakan bahasa sendiri. F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan
guru.
Alat / Sumber Belajar: 1. Gambar
tata cara berwudu pada karton atau lainnya 2. Tempat
dan peralatan berwudu (kran air) 3. Buku
paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis 4. Buku-buku
lain yang relevan 5. Alquran
(juz Amma) 6. Kaset
dan CD Alquran atau peralatan dan teknologi komunikasi yang relevan 7. Pengalaman
guru 8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Format
Kriteria Penilaian 1.Produk
( hasil diskusi )
2.Performansi
3. Lembar Penilaian
CATATAN : Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk
Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar