RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN 3 Kota
Jantho
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Materi
Pokok : Mari Belajar al-Qur’an Surat al-Ma’un
Sub
Materi : Ayo
Menghafal Surat al-Ma’un
Alokasi
Waktu : 4 X 35
Menit
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode
literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap
menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan
pendapat, siswa dapat :
Ø Menunjukkan hafal Q.S.
al-Mā’ūn.
B. LANGKAH
- LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit) |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penguatan
Pendidikan Karakter |
v Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v Mengaitkan materi pembelajaran yang
akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya,
mengingatkan kembali materi dengan bertanya,
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari materi Ayo
Menghafal Surat al-Ma’un dalam kehidupan sehari-hari |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v Memberitahukan tentang tujuan
pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM
pada pertemuan yang sedang berlangsung v Pembagian kelompok belajar |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KEGIATAN
INTI ( 170 Menit) |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Literasi |
v Peserta didik diberi stimulus atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada Ayo
Menghafal Surat al-Ma’un melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi,
mengomunikasikan) Mengamati Ø Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari
permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan Ayo Ayo
Menghafal Surat al-Ma’un Ø Peserta
didik diminta membaca surat al-ma’un secara berulang RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan
Pendidikan : SDN 3 Kota
Jantho Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Materi
Pokok : Mari Belajar al-Qur’an Surat al-Ma’un Sub
Materi : Ayo
Menghafal Surat al-Ma’un Alokasi
Waktu : 4 X 35
Menit
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN Setelah mengukuti kegiatan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode
literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap
menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan
pendapat, siswa dapat : Ø Menunjukkan hafal Q.S.
al-Mā’ūn.
B. LANGKAH
- LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
C. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Critical
Thinking |
v Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan
tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran
tentang Ayo
Menghafal Surat al-Ma’un, Misalnya Ø Pada
ayat ketiga Surat al-Mā’ūn berbunyi “tidak menganjurkan memberi makan orang
miskin”? Jelaskan. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Collaboration
(Kerja Sama) |
Siswa
berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku v Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan
ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Ayo Menghafal Surat al-Ma’un Ø Guru
melafalkan dengan cara menghafal Q.S. al-Ma’un dengan suara jelas ayat satu
sampai dengan dua, diikuti seluruh peserta didik, sesekali meminta salah satu
peserta didik untuk menghafalnya (lakukan sebanyak dua sampai tiga kali). Ø Mengikuti
langkah poin satu, diteruskan ayat tiga sampai ayat empat, ayat lima sampai
enam, dan ayat tujuh. Ø Lakukan
pola ayat satu sampai lima, (lakukan sebanyak dua-tiga kali). Ø Diteruskan
pola ayat enam sampai tujuh, (lakukan sebanyak dua-tiga kali). Ø Pola
terakhir ayat satu sampai dengan tujuh (satu surat utuh) diawali gurunya,
kemudian diikuti peserta didik (lakukan sebanyak dua-tiga kali). Ø Bila
belum hafal juga, dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah1) s.d.
5). Bila sudah banyak yang hafal secara individual, peserta didik
mendemonstrasikan hafalannya. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Communication
(Komunikasi |
Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu v Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan tentang Ayo Menghafal Surat al-Ma’un dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi yang dilakukan, dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Creativity
(Kreativitas |
Kesimpulan
Pembelajaran v Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan tentang Ayo
Menghafal Surat al-Ma’unMa'un v Peserta didik bertanya tentang hal
yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada
siswa berkaitan dengan yang akan
selesai dipelajari |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PENUTUP
(15 Menit) |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Peserta
didik |
v Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Guru |
v Memeriksa pekerjaan peserta didik
yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan
penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik
dalam kegiatan pembelajaran. v Memberikan tugas kepada peserta
didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan
dibahas dipertemuan berikutnya. |
C. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
Tes
Tertulis |
: Menjelaskan Menghafal Surat
al-Ma’un |
|
|
Proyek |
: |
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN ……. …………………………….. NIP. …………………… |
Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI .................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar