RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Semester 2 BAB 6 Pertemuan 2

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                 : SDN 3 Kota Jantho

Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Materi Pokok                           : Mari Belajar al-Qur’an Surat al-Ma’un

Sub Materi                               : Ayo Menghafal Surat al-Ma’un

Kelas/Semester                      : V/Genap

Alokasi Waktu                         : 4 X 35 Menit

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø Menunjukkan hafal Q.S. al-Mā’ūn.

 

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi  Ayo Menghafal Surat al-Ma’un dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 170 Menit)                                                                        

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada   Ayo Menghafal Surat al-Ma’un melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Ø Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan     Ayo   Ayo Menghafal Surat al-Ma’un

Ø  Peserta didik diminta membaca surat al-ma’un secara berulang

        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                 : SDN 3 Kota Jantho

Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Materi Pokok                           : Mari Belajar al-Qur’an Surat al-Ma’un

Sub Materi                               : Ayo Menghafal Surat al-Ma’un

Kelas/Semester                      : V/Genap

Alokasi Waktu                         : 4 X 35 Menit

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø Menunjukkan hafal Q.S. al-Mā’ūn.

 

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi  Ayo Menghafal Surat al-Ma’un dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 170 Menit)                                                                        

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada   Ayo Menghafal Surat al-Ma’un melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Ø Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan     Ayo   Ayo Menghafal Surat al-Ma’un

Ø  Peserta didik diminta membaca surat al-ma’un secara berulang

       Bacalah ayat berikut sampai lancar


Ø  hafalkanlah ayat 1 sampa7 dengan baik dan lancar



Critical Thinking

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang    Ayo Menghafal Surat al-Ma’un, Misalnya

Ø  Pada ayat ketiga Surat al-Mā’ūn berbunyi “tidak menganjurkan memberi makan orang miskin”? Jelaskan.

Collaboration (Kerja Sama)

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai  Ayo Menghafal Surat al-Ma’un

Ø Guru melafalkan dengan cara menghafal Q.S. al-Ma’un dengan suara jelas ayat satu sampai dengan dua, diikuti seluruh peserta didik, sesekali meminta salah satu peserta didik untuk menghafalnya (lakukan sebanyak dua sampai tiga kali).

Ø Mengikuti langkah poin satu, diteruskan ayat tiga sampai ayat empat, ayat lima sampai enam, dan ayat tujuh.

Ø Lakukan pola ayat satu sampai lima, (lakukan sebanyak dua-tiga kali).

Ø Diteruskan pola ayat enam sampai tujuh, (lakukan sebanyak dua-tiga kali).

Ø Pola terakhir ayat satu sampai dengan tujuh (satu surat utuh) diawali gurunya, kemudian diikuti peserta didik (lakukan sebanyak dua-tiga kali).

Ø Bila belum hafal juga, dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah1) s.d. 5). Bila sudah banyak yang hafal secara individual, peserta didik mendemonstrasikan hafalannya.

Communication (Komunikasi

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang        Ayo Menghafal Surat al-Ma’un dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

 

 

 

 

 

Creativity (Kreativitas

 

 

 

 

 

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang   Ayo Menghafal Surat al-Ma’unMa'un

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (15 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

 

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

Tes Tertulis

: Menjelaskan Menghafal Surat al-Ma’un

 

Proyek

:

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN 3 Kota Jantho

 

 

 

 

 

Hj. Nadirah , S.Pd

NIP. 19670713 1991112002

Kota Jantho,                                2021

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

 

Safriani , S.Pd.I

NIP. 19850412 201903 2 006

 

Critical Thinking

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang    Ayo Menghafal Surat al-Ma’un, Misalnya

Ø  Pada ayat ketiga Surat al-Mā’ūn berbunyi “tidak menganjurkan memberi makan orang miskin”? Jelaskan.

Collaboration (Kerja Sama)

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai  Ayo Menghafal Surat al-Ma’un

Ø Guru melafalkan dengan cara menghafal Q.S. al-Ma’un dengan suara jelas ayat satu sampai dengan dua, diikuti seluruh peserta didik, sesekali meminta salah satu peserta didik untuk menghafalnya (lakukan sebanyak dua sampai tiga kali).

Ø Mengikuti langkah poin satu, diteruskan ayat tiga sampai ayat empat, ayat lima sampai enam, dan ayat tujuh.

Ø Lakukan pola ayat satu sampai lima, (lakukan sebanyak dua-tiga kali).

Ø Diteruskan pola ayat enam sampai tujuh, (lakukan sebanyak dua-tiga kali).

Ø Pola terakhir ayat satu sampai dengan tujuh (satu surat utuh) diawali gurunya, kemudian diikuti peserta didik (lakukan sebanyak dua-tiga kali).

Ø Bila belum hafal juga, dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah1) s.d. 5). Bila sudah banyak yang hafal secara individual, peserta didik mendemonstrasikan hafalannya.

Communication (Komunikasi

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang        Ayo Menghafal Surat al-Ma’un dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

 

 

 

 

 

Creativity (Kreativitas

 

 

 

 

 

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang   Ayo Menghafal Surat al-Ma’unMa'un

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (15 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

 

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

Tes Tertulis

: Menjelaskan Menghafal Surat al-Ma’un

 

Proyek

:

 


Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN …….

 

 

 

 

……………………………..

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              2020

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

..................................

NIP. .............................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true