RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
|
: |
Nama Sekolah |
Pendidikan
Agama Islam |
: |
Mata Pelajaran |
III / 2 |
: |
Kelas / Semester |
6. Membaca
surah-surah Alquran |
: |
Standar Kompetensi |
6.1 Membaca
surah Alquran dengan lancar |
: |
Kompetensi Dasar |
6 x 35 menit (2 x pertemuan) |
: |
Alokasi Waktu |
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan Surah Al Kausar dengan makhraj dan harakat
yang benar
2. Siswa dapat menerapkan hukum bacaan yang ada
pada Surah Al Kausar
3. Siswa dapat mengartikan Surah Al Kausar
4. Siswa dapat menghafal Surah Al Kausar
5. Siswa dapat menyalin ayat dan kalimat Alquran
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian
( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
), Berani ( courage ), Ketulusan
(Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi
Pembelajaran : Surah Al
Kausar
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa melafalkan Surah Al Kausar sacara klasikal, kelompok dan individu
dengan makhraj dan harakat yang benar
2. Siswa berlatih menerapkan hukum bacaan yang
ada pada Surah Al Kausar
3. Siswa berlatih mengartikan Surah Al Kausar
4. Siswa menghafalkan Surah Al Kausar
5. Siswa berlatih menyalin ayat dan kalimat
Alquran
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi
siswa melalui fitu mutiara islam dan Sepenggal Kisah
2. Kegiatan Inti .
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa Membaca surah Alquran dengan
lancar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa melafalkan
Surah Al Kausar dengan harakat dan makhraj yang benar secara klasikal,
kelompok dan individu
F
Siswa
melafalkan Surah Al Kausar dengan menerapkan hukum bacaan yang ada di Surah Al
Kausar dan menampilkan kemampuannya di depan kelas
F
Siswa
mengartikan Surah Al Kausar secara kelompok dan menampilkan kemampuannya
melalui wakil masing-masing kelompok di depan kelas
F
Siswa
menghafal Surah Al Kausar secara klasikal kelompok dan individu
F
Siswa menyalin ayat dan kalimat Alquran secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar hukum bacaan
yang ada pada Surah Al Kausar
F
Guru
memberi tugas siswa untuk menyalin Surah Al Kausar di buku tugas
F Guru membacakan kesimpulan dari
materi Surah Al Kausar yang telah disampaikan
Alat
/ Sumber Belajar:
1. Teks lafal Surah Al Kausar beserta artinya di
karton atau papan tulis
2. Buku tajwid
3. Buku Pendidikan Agama
Islam
4. Alquran (Juz Amma)
5. Kaset/CD Alquran
6. Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
Ø Melafalkan Surah Al Kausar dengan makhraj dan harakat
yang benar Ø Menerapkan hukum bacaan pada surah Al quran Ø Mengartikan Surah Al Kausar Ø Menghafal Surah Al Kausar Ø Menyalin ayat dan kalimat Alquran
|
Tes lisan Tes lisan Tes tulis Tes lisan Tes tulis
|
Pelafalan Pelafalan Pelafalan Hafalan Jawaban singkat |
Ø Lafalkan surah Al Kausar! Ø Bacalah surah Al
Kausar sesuai dengan makhraj dan tanda baca yang benar! Ø Apakah arti ayat فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ Ø Hafalkan surah Al
Kausar! Ø ان
شانئك هوالابتر Salinlah dan berilah tanda baca yang sesuai dengan ayat
di atas!
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar *
semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1.
2. |
Kerjasama
Partisipasi |
*
bekerjasama *
kadang-kadang kerjasama *
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi *
kadang-kadang aktif *
tidak aktif |
4 2 1
4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama
Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah
Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN …….
…………………………….. NIP. …………………… |
Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI
.................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar