RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN 3 Kota
Jantho
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Materi
Pokok : Mari Belajar al-Qur’an Surat al-Ma’un
Sub
Materi : Ayo
Menulis Surat al-Ma’un
Alokasi
Waktu : 4 X 35
Menit
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode
literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap
menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan
pendapat, siswa dapat :
Ø Menulis kalimat-kalimat
dalam Q.S. al-Mā’ūn.
B. LANGKAH
- LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit) |
|
Penguatan
Pendidikan Karakter |
v Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin |
v Mengaitkan materi pembelajaran yang
akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya,
mengingatkan kembali materi dengan bertanya,
|
|
v Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari materi Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Mā’ūn.dalam
kehidupan sehari-hari |
|
v Memberitahukan tentang tujuan
pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang sedang berlangsung v Pembagian kelompok belajar |
|
KEGIATAN
INTI ( 170 Menit) |
|
Literasi |
v Peserta didik diberi stimulus atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada Menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Mā’ūn. melalui pendekatan saintifik (mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah
informasi, mengomunikasikan) Mengamati Ø Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari
permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan Ayo Menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Mā’ūn. |
Critical
Thinking |
v Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan
tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran
tentang Menulis kalimat-kalimat dalam
Q.S. al-Mā’ūn., Misalnya Ø Tulislah
penggalan ayat berikut ini ke dalam kolom bertitik di bawahnya. Ø |
Collaboration
(Kerja Sama) |
Siswa
berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku v Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Ayo Menulis Surat
al-Ma’un Ø Guru
menulis beberapa penggalan ayat Q.S. al-Ma'un pada papan tulis atau melalui
media lainnya. Kemudian memberikan garis pada tulisan penggalan ayat tersebut
untuk mengetahui posisi rangkaian masing-masing hurufnya. Ø Guru
menunjuk peserta didik secara bergantian untuk mempraktikkan penulisan
beberapa penggalan ayat seperti yang sudah dicontohkan. Ø Guru
meminta agar semua peserta didik menyalin beberapa penggalan ayat tersebut
secara berulang pada buku tulis. Bila sudah banyak yang mampu menulis secara
individual, peserta didik diminta untuk menyalin Q.S. al-Ma'un pada buku
tulis masing-masing. |
Communication
(Komunikasi |
Siswa mempresentasikan
hasil kerja kelompok/individu v Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan tentang Ayo Ayo Menulis Surat al-Ma’un dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi yang dilakukan, dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
Creativity
(Kreativitas |
Kesimpulan
Pembelajaran v Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan tentang Ayo Menulis Surat al-Ma’un v Peserta didik bertanya tentang hal
yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada
siswa berkaitan dengan yang akan
selesai dipelajari |
PENUTUP
(15 Menit) |
|
Peserta
didik |
v Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
Guru |
v Memeriksa pekerjaan peserta didik
yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan
penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik
dalam kegiatan pembelajaran. v Memberikan tugas kepada peserta
didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan
dibahas dipertemuan berikutnya. |
C. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
Tes
Tertulis |
: Menjelaskan Menulis Surat
al-Ma’un |
|
|
Proyek |
: |
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN …….
…………………………….. NIP. …………………… |
Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI
.................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar