RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Materi
Pokok : Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah Swt.
Sub
Materi :
Makna Rasul Allah Swt.
Alokasi
Waktu : 4 X 35
Menit
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode
literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap
menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan
pendapat, siswa dapat :
Ø Meyakini keberadaan
rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.
B. LANGKAH
- LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit) |
|
Penguatan
Pendidikan Karakter |
v Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin |
v Mengaitkan materi pembelajaran yang
akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya,
mengingatkan kembali materi dengan bertanya,
|
|
v Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari materi Makna Rasul Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari |
|
v Memberitahukan tentang tujuan
pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM
pada pertemuan yang sedang berlangsung v Pembagian kelompok belajar |
|
KEGIATAN
INTI ( 170 Menit) |
|
Literasi |
v Peserta didik diberi stimulus atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada Makna
Rasul Allah Swt. melalui pendekatan
saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen,
mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) Mengamati Peserta
didik bersama kelompoknya melakukan
pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan Makna
Rasul Allah Swt. |
Critical
Thinking |
v Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan
tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran
tentang Makna Rasul Allah Swt. ,
Misalnya Ø Apa
alasan Allah swt. mengutus para rasul? |
Collaboration
(Kerja Sama) |
Siswa
berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku v Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Makna Rasul Allah Swt. Ø Peserta
didik diminta untuk membentuk kelompok
Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan
informasi dan mengasosiasi/menganalisis melalui diskusi kelompok: Ø Peserta
didik secara berpasangan yang terdiri atas dua orang peserta didik. Ø Selanjutnya,
Guru meminta setiap pasangan untuk mencermati Q.S. al-An’am/6:48 berikut arti
dan maksud yang terkandung di dalamnya. Ø Setelah
melakukan pencermatan, salah satu peserta didik dari setiap pasangan diminta
untuk menceritakan maksud yang terkandung didalam Q.S. al-An’am/6: 48,
sementara pasangan lainnya mendengar dan mengemukakan beberapa pertanyaan
yang relevan. Ø Guru
memberikan penguatan dengan menjelaskan kembali makna yang terkandung dalam
Q.S. al-An’am/6: 48 berdasarkan buku teks atau sumber lainnya yang relevan.. |
Communication
(Komunikasi |
Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu v Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan tentang Makna Rasul Allah Swt. dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi yang dilakukan, dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
Creativity
(Kreativitas |
Kesimpulan
Pembelajaran v Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan tentang Makna Rasul Allah Swt. v Peserta didik bertanya tentang hal
yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada
siswa berkaitan dengan yang akan
selesai dipelajari |
PENUTUP
(15 Menit) |
|
Peserta
didik |
v Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
Guru |
v Memeriksa pekerjaan peserta didik
yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan
penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik
dalam kegiatan pembelajaran. v Memberikan tugas kepada peserta
didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan
dibahas dipertemuan berikutnya. |
C. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
Tes
Tertulis |
: Menjelaskan Makna Rasul
Allah Swt. |
|
|
Proyek |
: |
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN ……. …………………………….. NIP. …………………… |
Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI .................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar