RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
Mata Pelajaran |
: Pendidikan
Agama Islam |
Kelas /
Semester |
: III / 2 |
Standar
Kompetensi |
: 7. Membiasakan perilaku terpuji |
Kompetensi
Dasar |
: 7.4 Menampilkan perilaku penyayang terhadap
lingkungan |
Alokasi Waktu |
: 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan) |
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat memahami dan
menjelaskan cara menyayangi lingkungan 2. Siswa dapat menunjukkan manfaat menyayangi
lingkungan 3. Siswa mampu bersikap dan berperilaku
penyayang terhadap lingkungan
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Perilaku penyayang terhadap lingkungan.
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa
mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas bahan ajar tentang cara
menyayangi lingkungan 2.
Siswa menyebutkan cara menyayangi lingkungan 3.
Siswa menunjukkan manfaat menyayangi lingkungan 4.
Siswa mampu bersikap dan berperilaku penyayang terhadap lingkungan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran: 1. Kegiatan Pendahuluan Apersepsi dan Motivasi : F
Memberikan
cerita singkat dan menarik yang berkaitan dengan bahan ajar F
Mengajukan
beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan perilaku penyayang terhadap
lingkungan F
Memperkenalkan
bahan ajar tentang perilaku penyayang terhadap lingkungan (melalui fitur
Mutiara Islam) 2. Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F
Beberapa
siswa membaca bahan ajar perilaku penyayang terhadap lingkungan, siswa lainnya
menyimak dengan baik F
Siswa
mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F
Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai cara menyayangi
lingkungan F
Siswa
menunjukkan manfaat menyayangi lingkungan F
Siswa memberikan contoh perilaku menyayangi lingkungan & Konfirmasi Dalam kegiatan
konfirmasi, guru: F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan 3. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F
Siswa
diminta melakukan aktivitas F
Siswa
diminta memahami bacaan intisari F Siswa mengerjakan latihan dan menulisnya di buku
tugas
Alat / Sumber Belajar: 1. Gambar peraga tentang
perilaku penyayang terhadap lingkungan 2. Cerita
menarik yang berkaitan dengan bahan ajar 3. Buku
Pendidikan Agama Islam. 4. Buku-buku
lain yang relevan 5. Alquran
(Juz Amma) 6. Pengalaman
guru atau siswa 7. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Format
Kriteria Penilaian 1.Produk ( hasil diskusi )
2.Performansi
3. Lembar
Penilaian
CATATAN : Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10. v Untuk
Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar