RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN 3 KOTA JANTHO
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 8. Menceritakan
kisah Nabi
Kompetensi
Dasar : 8.2 Menceritakan
kisah Nabi Ismail AS
Alokasi
Waktu : 3 ´
35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi Ismail AS
2. Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi Ismail
membangun kakbah bersama ayahnya
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
, Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
(
responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring )
dan Jujur ( fairnes ).
Materi
Pembelajaran : Kisah Nabi
Ismail AS.
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dan tanya jawab dengan teman-temannya
membahas kisah Nabi Ismail AS dan kisah Nabi Ismail membangun Kakbah bersama
ayahnya
2. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah
Nabi Ismail AS dan kisah Nabi Ismail membangun Kakbah bersama ayahnya
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Mengulas
materi sebelumnya dan mengkorelasikan dengan materi yang akan diajarkan
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan
disampaikan
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Beberapa siswa membacakan kisah Nabi Ismail, sedangkan siswa yang
lain menyimak dengan baik
F
Siswa mendengarkan dan mengamati uraian yang disampaikan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa menceritakan kembali kisah Nabi Ismail AS menggunakan bahasa sendiri
secara kelompok dan individu
F
Siswa
menceritakan kembali kisah Nabi Ismail AS membangun Kakbah bersama Ayahnya
mengguna-kan bahasa sendiri secaa kelompok dan
individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan
siswa tentang kisah Nabi Ismail AS yang telah dipelajari
F Siswa memahami dan menyimak bacaan intisari yang
dibacakan
F Siswa mengerjakan latihan yang ada
di halaman dan menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks kisah Nabi Ismail
AS
2. Buku Pendidikan Agama
Islam.
3. Buku kisah-kisah Nabi
atau buku lain yang relevan
4. Kaset/CD tentang kisah
Nabi Ismail AS
5. Alquran (Juz Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
Ø Menjelaskan kisah Nabi Ismal AS Ø Menjelaskan kisah Nabi Ismail membangun kakbah bersama
ayahnya |
Tes tulis Tes tulis |
Jawaban singkat Jawaban singkat |
Ø Siapakah ayah Nabi Ismail AS? Ø Bangunan yang dijadikan
kiblat dan di bangun oleh Nabi Ismail dan ayahnya adalah …? |
1.Produk
( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
*
semua benar *
sebagian besar benar *
sebagian kecil benar *
semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama Partisipasi |
*
bekerjasama *
kadang-kadang kerjasama *
tidak bekerjasama *
aktif berpartisipasi *
kadang-kadang aktif *
tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar
Penilaian
No |
Nama
Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah
Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN ……. …………………………….. NIP. …………………… |
Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI .................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar