RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Semester 2 T/A 20

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Nama Sekolah                      :   SDN 3 KOTA JANTHO

Mata Pelajaran                     :   Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester                  :   IV / 2

Standar Kompetensi            :   9.         Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar               :   9.1        Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS

Alokasi Waktu                      :   3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

 

Tujuan Pembelajaran           :   1.   Siswa dapat meneladani ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua dan terhadap Allah SWT

 

Karakter siswa yang diharapkan  : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian  (respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran            :   Ketaatan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT.

 

Metode Pembelajaran           :   1.   Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua dan terhadap Allah SWT

                                                2.   Siswa berlatih menceritakan kembali kisah ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orang tua dan terhadap Allah SWT

                                                3.   Siswa meneladani ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua dan terhadap Allah SWT dalam praktik keseharian mereka

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa

F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pemahaman siswa tentang kisah Nabi Ibrahim AS yang telah dipelajari sebelumnya

F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan melalui kisah dalam Sepenggal Kisah

2.    Kegiatan Inti.        

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Beberapa siswa membacakan kisah Nabi Ibrahim, sedangkan siswa yang lain menyimak dengan baik

F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa menceritakan kembali kisah ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua mengunakan bahasa sendiri secara kelompok dan individu

F Siswa menceritakan kembali kisah ketaatan Nabi Ibrahim terhadap Allah SWT menggunakan bahasa sendiri secara kelompok dan individu

F Siswa mengemukakan pendapatnya tentang ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua dan terhadap Allah SWT

&  Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang kisah Nabi Ibrahim AS dan ketaatannya terhadap orangtua dan Allah SWT

F Guru menunjuk beberapa siswa untuk memberikan kesimpulan dari materi yang telah disampaikan

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Teks kisah Nabi Ibrahim AS

2.    Buku Pendidikan Agama Islam.

3.    Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang relevan

4.    Kaset/CD tentang kisah Nabi Ibrahim AS

5.    Alquran  

6.    Pengalaman guru

7.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Ø  Meneladani ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua dan terhadap Allah SWT

 

Tes tulis

 

Jawaban singkat

 

  1. Sebutkan 2 manfaat khitan!

 

 

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

 

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN …….

 

 

 

 

……………………………..

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              2020

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

..................................

NIP. .............................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true