(RPP)
Nama Sekolah : SDN 3 KOTA JANTHO
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 9. Membiasakan
perilaku terpuji
Kompetensi
Dasar : 9.1 Meneladani
perilaku Nabi Ibrahim AS
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´
pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa
dapat meneladani ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua dan terhadap Allah SWT
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian
(respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility ),
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi
Pembelajaran : Ketaatan Nabi Ibrahim AS
kepada Allah SWT.
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas ketaatan
Nabi Ibrahim terhadap orangtua dan terhadap Allah SWT
2. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah
ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orang tua dan terhadap Allah SWT
3. Siswa meneladani ketaatan Nabi Ibrahim
terhadap orangtua dan terhadap Allah SWT dalam praktik keseharian mereka
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F
Memberikan
pertanyaan kepada siswa seputar pemahaman siswa tentang kisah Nabi Ibrahim AS
yang telah dipelajari sebelumnya
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan
disampaikan melalui kisah dalam Sepenggal Kisah
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa membacakan kisah Nabi Ibrahim, sedangkan siswa yang lain menyimak dengan
baik
F
Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang
disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa menceritakan kembali kisah ketaatan Nabi Ibrahim terhadap
orangtua mengunakan bahasa sendiri secara kelompok dan individu
F
Siswa
menceritakan kembali kisah ketaatan Nabi Ibrahim terhadap Allah SWT menggunakan
bahasa sendiri secara kelompok dan individu
F
Siswa mengemukakan pendapatnya tentang ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua
dan terhadap Allah SWT
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman
siswa tentang kisah Nabi Ibrahim AS dan ketaatannya terhadap orangtua dan Allah
SWT
F
Guru
menunjuk beberapa siswa untuk memberikan kesimpulan dari materi yang telah
disampaikan
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks kisah Nabi
2. Buku Pendidikan Agama
Islam.
3. Buku kisah-kisah Nabi
atau buku lain yang relevan
4. Kaset/CD tentang kisah
Nabi
5. Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
Ø
Meneladani ketaatan Nabi Ibrahim terhadap
orangtua dan terhadap Allah SWT
|
Tes
tulis
|
Jawaban
singkat
|
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar *
semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1.
2. |
Kerjasama
Partisipasi |
*
bekerjasama *
kadang-kadang kerjasama *
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi *
kadang-kadang aktif *
tidak aktif |
4 2 1
4 2 1 |
3. Lembar
Penilaian
No |
Nama
Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah
Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN ……. …………………………….. NIP. …………………… |
Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI .................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar