RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
: Pendidikan
Agama Islam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas / Semester |
: III / 2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Standar Kompetensi |
: 6. Mengenal sifat mustahil Allah SWT |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar |
: 6.2 Mengartikan sifat mustahil Allah SWT |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu |
: 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan) Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan arti sifat mustahil
bagi Allah SWT 2. Siswa dapat memahami setiap arti dari sifat
mustahil bagi Allah SWT 3. Siswa dapat menghafal sifat mustahil beserta
artinya
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi
Pembelajaran : Sifat mustahil
Allah SWT.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi
kelompok dengan teman-temannya tentang arti sifat mustahil bagi Allah SWT 2. Siswa menghafal sifat mustahil beserta artinya
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran: 1. Kegiatan Pendahuluan Apersepsi dan Motivasi : F
Memberikan
uraian singkat tentang materi sebelumnya F Meminta siswa untuk menyebutkan lima sifat mustahil
bagi Allah SWT 2. Kegiatan Inti. & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F
Siswa
mendengarkan dan mengamati uraian guru berkaitan dengan bahan ajar yang disajikan F
Siswa mengemukakan pendapatnya tentang arti sifat mustahil bagi Allah SWT & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F
Siswa membahas dan mengkaji kandugan setiap arti dari sifat
mustahil bagi Allah SWT F
Siswa
menghafal sifat mustahil beserta artinya secara klasikal, kelompok dan individu F
Siswa menampilkan hafalannya di depan kelas & Konfirmasi Dalam kegiatan
konfirmasi, guru: F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan 3. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F
Siswa
menyebutkan kembali hafalannya tentang sifat mustahil beserta artinya secara
klasikal dan kelompok F
Guru
diminta menyimak dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru dan
menulisnya di buku tugas F
Siswa
mengerjakan latihan, dan menuliskannya di buku tugas
Alat / Sumber Belajar: 1. Tulisan sifat mustahil bagi Allah SWT di atas
potongan karton dan bagian lain arti dari sifat mustahil bagi Allah SWT pada
karton lainnya untuk dicocokkan 2. Buku Pendidikan Agama
Islam 3. Buku-buku lain yang
relevan 4. Pengalaman guru 5. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Format
Kriteria Penilaian 1.Produk ( hasil diskusi )
2.Performansi
3. Lembar
Penilaian
CATATAN : Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar