RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 3 Semester 2 T/A 2020

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

III / 2

Standar Kompetensi

6. Mengenal sifat mustahil Allah SWT

Kompetensi Dasar

6.2 Mengartikan sifat mustahil Allah SWT

Alokasi Waktu

3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran       :   1. Siswa dapat menjelaskan arti sifat mustahil bagi Allah SWT

                                            2. Siswa dapat memahami setiap arti dari sifat mustahil bagi Allah SWT

                                            3. Siswa dapat menghafal sifat mustahil beserta artinya

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran        :   Sifat mustahil Allah SWT.

 

Metode Pembelajaran       :   1. Siswa mengadakan diskusi kelompok dengan teman-temannya tentang arti sifat mustahil bagi Allah SWT

                                            2. Siswa menghafal sifat mustahil beserta artinya

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.   Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

F Memberikan uraian singkat tentang materi sebelumnya

F Meminta siswa untuk menyebutkan lima sifat mustahil bagi Allah SWT

2.   Kegiatan Inti.          

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru berkaitan dengan bahan ajar yang disajikan

F Siswa mengemukakan pendapatnya tentang arti sifat mustahil bagi Allah SWT

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa membahas dan mengkaji kandugan setiap arti dari sifat mustahil bagi Allah SWT

F Siswa menghafal sifat mustahil beserta artinya secara klasikal, kelompok dan individu

F Siswa menampilkan hafalannya di depan kelas

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa menyebutkan kembali hafalannya tentang sifat mustahil beserta artinya secara klasikal dan kelompok

F Guru diminta menyimak dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru dan menulisnya di buku tugas

F Siswa mengerjakan latihan, dan menuliskannya di buku tugas

 

Alat / Sumber Belajar:

1.   Tulisan sifat mustahil bagi Allah SWT di atas potongan karton dan bagian lain arti dari sifat mustahil bagi Allah SWT pada karton lainnya untuk dicocokkan

2.    Buku Pendidikan Agama Islam

3.    Buku-buku lain yang relevan

4.    Pengalaman guru

5.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Ø  Menjelaskan arti sifat mustahil bagi Allah SWT

Ø  Memahami arti sifat mustahil bagi Allah SWT

Ø  Menghafal sifat mustahil bagi Allah SWT beserta artinya

Tes tulis

 

Tes lisan

 

Tes lisan

Essay

 

Jawaban singkat

 

Hafalan

Ø  Jelaskan arti sifat mustahil Allah Ajzum!

 

Ø  Mustahil Allah itu buta! Coba jelaskan dengan singkat!

Ø  Hafalkan sifat mustahil bagi Allah SWT beserta artinya!

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

 

 

 

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true