RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
: Pendidikan Agama Islam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas / Semester |
: II / 2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Standar Kompetensi |
: 7.Mengenal Asmaul Husna |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar |
: 7.2. Mengartikan lima dari Asmaul Husna |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu |
: 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan) Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat mengartikan lima dari Asmaul
Husna 2. Siswa dapat hafal lima Asmaul Husna beserta
artinya
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran
: 1.
Asmaul
Husna .
Metode Pembelajaran : 1.
Siswa berlatih mengartikan 2.
Siswa menghafal
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran: 1. Kegiatan Pendahuluan Apersepsi dan Motivasi : F
Uraian
singkat siswa tentang pengetahuan mereka dari pelajaran yang lalu F Mengenalkan bahan ajaran kepada siswa mengenai arti dari
lima Asmaul Husna 2. Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa memperhatikan uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F
Siswa mengartikan lima dari Asmaul Husna secara klasikal F
Siswa
mengartikan lima dari Asmaul Husna secara berkelompok F
Siswa
menghafal lima dari Asmaul Husna secara berkelompok F Siswa menghafal lima dari Asmaul
Husna beserta artinya secara individu & Konfirmasi Dalam kegiatan
konfirmasi, guru: F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan 3. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F
Guru memberikan beberapa pertanyaan tentang bahan ajar kepada
siswa F
Siswa
memahami bacaan intisari F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan
latihan serta menulisnya di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan
berikutnya
Alat
/ Sumber Belajar: 1. Tulisan 2. Buku Pendidikan Agama. 3. Pengalaman guru 4. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Format
Kriteria Penilaian 1.Produk ( hasil diskusi )
2.Performansi
3. Lembar
Penilaian
CATATAN : Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar