RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 2 Semester 2 T/A 2020

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

II / 2

Standar Kompetensi

7.Mengenal Asmaul Husna

Kompetensi Dasar

7.2. Mengartikan lima dari Asmaul Husna

Alokasi Waktu

3 ´ 35  menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran**    :

1.       Siswa dapat mengartikan lima dari Asmaul Husna

2.       Siswa dapat hafal lima Asmaul Husna beserta artinya

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

 

Materi Pembelajaran  :

1.       Asmaul Husna .

 

Metode Pembelajaran  :   

1.       Siswa berlatih mengartikan lima dari Asmaul Husna

2.       Siswa menghafal lima dari Asmaul Husna beserta artinya

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

F Uraian singkat siswa tentang pengetahuan mereka dari pelajaran yang lalu

F Mengenalkan bahan ajaran kepada siswa mengenai arti dari lima Asmaul Husna

2.    Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa memperhatikan uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa mengartikan lima dari Asmaul Husna secara klasikal

F Siswa mengartikan lima dari Asmaul Husna secara berkelompok

F Siswa menghafal lima dari Asmaul Husna secara berkelompok

F Siswa menghafal lima dari Asmaul Husna beserta artinya secara individu

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Guru memberikan beberapa pertanyaan tentang bahan ajar kepada siswa

F Siswa memahami bacaan intisari

F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan serta menulisnya di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima Asmaul Husna pada karton lainnya untuk dicocokkan

2.    Buku Pendidikan Agama.

3.    Pengalaman guru

4.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Ø  Mengartikan lima Asmaul Husna

 

Ø  Hafal lima Asmaul Husna beserta artinya

 

Ø  Praktik menulis huruf Hijaiah bersambung

Tes tulis

 

 

Tes tulis

 

 

Tes unjuk kerja

Jawaban singkat

 

Hafalan

 

 

Praktik

Pilihan ganda

 

 

 

 

 

 

Esay

 

 

Jawaban singkat

1.       Apa arti Asmaul Husna As Sami’?

2.       Hafalkan lima Asmaul Husna beserta artinya!

3.       Salinlah kembali huruf Hijaiah bersambung di bawah ini dengan benar!

4.       Suka membuat sesuatu yang baik sebagai cermin nama Allah SWT .…

a. al-khaliq                           

b. al-basir                                          

c. as-sami’

5.       Suka melihat yang baik berarti pengamalan nama Allah SWT .…

a. al-basir                             

b. al-khaliq                                        

c. as-sami’

6.       Manusia mendengar melalui .…

7.       Kita tidak mau mencuri, karena dilihat oleh .…

8.       Budi tidak mau menggunjing temannya. Mengapa?

9.       Siapakah yang menyelamatkan Nabi Isa as dari kejaran raja yang dalim?

 

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6....

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true