RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN 3 KOTA JANTHO
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 6. Membaca
surah-surah Alquran
Kompetensi
Dasar : 6.3 Mambaca
Surah Al Asr dengan lancar
Alokasi
Waktu : 6 ´
35 menit (2´ pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan
Surah Al Asr dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa dapat menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Asr
3. Siswa dapat menerapkan hukum bacaan pada
Surah Al Asr
4. Siswa dapat menghafalkan ayat dan kalimat Al
’Asr
5. Siswa dapat menyalin ayat dan kalimat Alquran
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian
( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
), Berani ( courage ), Ketulusan
(Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi
Pembelajaran : Surah
Al’Asr
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa melafalkan surah Al
’Asr secara klasikal, kelompok dan individu dengan makhraj dan harakat yang
benar
2. Siswa berlatih menerapkan hukum bacaan yang ada pada
surah Al ’Asr
3. Siswa berlatih mengartikan
surah Al ’Asr
4. Siswa menghafalkan surah Al
’Asr
5. Siswa berlatih menyalin ayat
dari kalimat Alquran
6. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas
arti setiap
ayat dari surah Al ’Asr
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F
Menugaskan
beberapa anak yang sudah hafal surah Al’Asr
F Memperkenalkan bahan ajar surah
Al’Asr dan isi kandungannya
2. Kegiatan Inti .
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa Mambaca Surah Al Asr dengan lancar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa melafalkan surah Al ’Asr secara klasikal, kelompok dan
individu dengan harakat dan makhraj yang benar secara berulang
F
Siswa
melafalkan surah Al’Asr dengan menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah Al
’Asr dan menampilkan kemampuannya di depan kelas
F
Siswa
mengartikan surah Al ’Asr secara berkelompok dan menampilkan kemampuannya di
depan kelas melalui wakil masing-masing kelompok
F
Siswa
menghafalkan surah Al ’Asr secara klasikal, kelompok dan individu
F
Siswa
menyalin ayat dan kalimat Alquran secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman
siswa tentang arti setiap ayat dari surah Al ’Asr
F
Siswa
melakukan aktivitas
F
Siswa
membaca intisari, sedangkan siswa yang
lain menyimak
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan
yang ada di halaman dan ditulis di buku tugas,
dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks lafal surah Al
’Asr beserta artinya dikarton atau papan tulis
2. Gambar peraga tentang anak yang memanfaatkan
waktu dengan baik
3. Buku tajwid
4. Buku Pendidikan Agama
Islam
5. Alquran (Juz Amma)
6. Kaset/CD Alquran
6. Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
Ø Melafalkan Surah Al Asr dengan harakat dan makhraj yang
benar Ø Menerapkan hukum bacaan pada surah Al Asr Ø Mengartikan Surah Al Asr Ø Menghafal Surah Al Asr Ø Menyalin ayat dan kalimat Alquran |
Tes lisan Tes lisan Tes tulis Tes lisan Tes tulis |
Pelafalan Pelafalan Jawaban singkat Hafalan Jawaban singkat |
Ø
Lafalkan surah Al Asr ! Ø Bacalah
surah Al Asr sesuai dengan makhraj dan tanda baca yang benar! Ø
Apa arti kalimat, اِنَّ اْلاِنْسَانَ لَفِيْ
خُسْرِِ؟ Ø
Hafalkan surah Al Asr Ø وَ ع Salinlah surah Al Asr dengan benar! |
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar *
semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama Partisipasi |
*
bekerjasama *
kadang-kadang kerjasama *
tidak bekerjasama *
aktif berpartisipasi *
kadang-kadang aktif *
tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar
Penilaian
No |
Nama
Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah
Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5... |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang
belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN ……. …………………………….. NIP. …………………… |
Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI .................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar