RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
|
: |
Nama Sekolah |
Pendidikan
Agama Islam |
: |
Mata Pelajaran |
III / 2 |
: |
Kelas / Semester |
6. Membaca
surah-surah Alquran |
: |
Standar Kompetensi |
6.2 Membaca
Surah An Nasr dengan lancar |
: |
Kompetensi Dasar |
6 x 35 menit (2 x pertemuan) |
: |
Alokasi Waktu |
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Siswa
dapat melafalkan Surah An Nasr dengan harakat dan makhraj yang benar
2.
Siswa
dapat menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah An Nasr
3.
Siswa
dapat mengartikan Surah An Nasr
4.
Siswa
dapat menghafal Surah An Nasr
5.
Siswa dapat
menyalin ayat dan kalimat Alquran
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian (respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Metode
Pembelajaran : Surah An Nasr
Metode
Pembelajaran :
1.
Siswa
melafalkan Surah An Nasr dengan harakat dan makhraj yang benar
2.
SIswa
berlatih menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah An Nasr
3.
Siswa
berlatih mengartikan Surah An Nasr
4.
Siswa
menghafalkan Surah An Nasr
5.
Siswa
berlatih menyalin ayat dan kalimat Alquran
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi
siswa melalui kisah sebab turunnya Surah An Nasr
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa melafalkan Surah An Nasr dengan harakat dan makhraj yang
benar dengan klasikal, kelompok dan
individu secara berulang-ulang
F
Siswa
melafalkan Surah An Nasr dengan menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah An
Nasr dan menampilkan kemampuannya di depan kelas
F
Siswa
mengartikan Surah An Nasr secara kelompok dan menampilkan kemampuannya melalui
wakil masing-masing kelompok di depan kelas
F
Siswa
menghafal Surah An Nasr secara klasikal, kelompok dan individu
F
Siswa menyalin ayat dan kalimat Alquran secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar hukum bacaan
yang ada pada Surah An Nasr
F Guru memberi tugas siswa untuk menyalin Surah An Nasr
dalam buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks lafal Surah An
Nasr beserta artinya di karton atau papan tulis
2. Buku tajwid
3. Buku Pendidikan Agama
Islam
4. Alquran (Juz Amma)
5. Kaset/CD Alquran
6. Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
Ø Melafalkan Surah An Nasr dengan harakat dan makhraj
yang benar Ø Menerapkan hukum bacaan pada surah An Nasr Ø Mengartikan Surah An Nasr Ø Menghafal Surah An Nasr Ø Menyalin ayat dan kalimat Alquran |
Tes lisan Tes lisan Tes tulis Tes lisan Tes tulis |
Pelafalan Pelafalan Jawaban singkat Hafalan Jawaban singkat |
Ø
Lafalkan surah An Nasr ! Ø Bacalah surah An Nasr sesuai dengan makhraj dan tanda baca
yang benar! Ø Apa arti
kalimat, نَصْرُاللَّهِ وَالْفَتْحُ؟ Ø Hafalkan surah An Nasr Ø فَسَبِّحْ
بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ Salinlah
dan berilah tanda baca yang sesuai dengan ayat di atas! |
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar *
semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama Partisipasi |
*
bekerjasama *
kadang-kadang kerjasama *
tidak bekerjasama *
aktif berpartisipasi *
kadang-kadang aktif *
tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar
Penilaian
No |
Nama
Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah
Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN ……. …………………………….. NIP. …………………… |
Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI .................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar