RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 1 Semester 2

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

I / 2

Standar Kompetensi

9. Membiasakan bersuci (taharah)

Kompetensi Dasar

9.1 Menyebutkan tata cara berwudu

Alokasi Waktu

6 x 35 menit ( 2 x pertemuan )


Tujuan Pembelajaran**  :   

1.         Siswa dapat menjelaskan tata cara berwudu dengan benar

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran :   

1.         Taharah

 

Metode Pembelajaran    :   

1.         Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang tata cara berwudu yang benar dengan memperhatikan gambar peraga yang ada di buku

2.         Siswa berlatih melafalkan niat berwudu

3.         Siswa berlatih menghafal urutan berwudu

4.         Siswa menghafal doa berwudu

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan

F Apersepsi : Memperagakan cara berwudu sesuai kemampuan dari gerakan satu ke gerakan lainnya.

F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

2.    Kegiatan Inti         

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa menghafal doa berwudu

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa melafalkan niat berwudu secara klasikal dan berkelompok

F Siswa menghafal urutan berwudu melalui alat peraga         

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan, tulis di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Gambar tata cara berwudu pada karton atau lainnya

2.    Tempat dan peralatan berwudu (kran air)

3.    Buku Pendidikan Agama Islam kelas I Esis

4.    Buku-buku lain yang relevan

5.    Alquran (juz Amma)

6.    Kaset dan CD Alquran atau peralatan dan teknologi komunikasi yang relevan

7.    Pengalaman guru

8.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh  Instrumen / Soal

Ø  Menjelaskan tata cara berwudu

Tes tulis

 

Uraian

Ø  Jelaskan tata cara berwudu  ?

Ø  sunah wudu itu apabila dilakukan akan menambah  …………

Ø  Wudu adalah bersuci dari hadas .…

a. besar                                 b. sedang 

c. kecil

Ø  Di antara sunah wudu adalah .…

a.       gbr membasuh muka

b.       gbr.membersihkan kaki

c.        gbr. Membasuh muka

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true