RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 1 Semester 2

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

I / 2

Standar Kompetensi

8. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar

8.2 Menampilkan perilaku tolong menolong

Alokasi Waktu

3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )


Tujuan Pembelajaran**  :

1.         Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku tolong menolong

2.         Siswa dapat menampilkan dan membiasakan perilaku rajin

3.         Siswa dapat menyebutkan manfaat tolong menolong

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran :   

1.         Perilaku tolong-menolong

 

Metode Pembelajaran    :

1.         siswa mengadakan diskusi kelompok tentang perilaku tolong menolong dengan teman-temannya

2.         Siswa berlatih untuk menunjukkan contoh-contoh perilaku tolong menolong

3.         Siswa berlatih untuk menyebutkan manfaat tolong menolong

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan

F Apersepsi : memberikan contoh-contoh tolong menolong.

F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

2.    Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan

F Siswa memberikan contoh-contoh perilaku tolong menolong

F Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa mengamati gambar peraga dalam buku dan mengemukakan pendapatnya

F Siswa menyampaikan pendapat tentang manfaat perilaku tolong menolong 

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.    Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Guru memberikan tugas siswa untuk menuliskan contoh perilaku tolong menolong dari pengalaman mereka masing-masing dan menulisnya di buku tugas

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Gambar-gambar peraga yang mencerminkan perilaku tolong menolong

2.    Perilaku siswa yang suka tolong menolong

3.    Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis

4.    Buku-buku lain yang relevan

5.    Alquran (juz Amma)

6.    Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan

7.    Pengalaman guru

8.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh  Instrumen / Soal

Ø  Menunjukkan contoh perilaku tolong-menolong

 

 

 

Ø  Menampilkan perilaku tolong-menolong

 

Ø  Menyebutkan manfaat tolong-menolong

Tes lisan

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

Tes tulis

 

Pilihan ganda

 

 

 

 

Jawaban singkat

 

Jawaban singkat

1.       Kita harus menolong orang yang ….

a.       gembira

b.       kesusahan

c.       senang

 

2.       Kepada siapa kita harus bersikap tolong-menolong?

 

3.       Sebutkan satu manfaat tolong-menolong

 

 

                                         

 

 

 

 

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6...

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

v  

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN 3 Kota Jantho

 

 

 

 

Hj. Cut Zulfidah , S.Pd

NIP. 19620906 198510 2 003

Kota Jantho,                              2020

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

Safriani , S.Pd.I

NIP. 19850412 201903 2 006

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD                                 :     SDN 3 KOTA JANTHO

Mata Pelajaran               :    Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester            :    I / 2

Standar Kompetensi      :    8.   Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar        :    8.3 Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua

Alokasi Waktu                 :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

 

Tujuan Pembelajaran**  :   

1.         Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku hormat terhadap orang tua dengan teman-temannya

2.         Siswa dapat menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua

3.         Siswa dapat menunjukkan cara menghormati orang tua

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran :   

1.         Perilaku hormat terhadap orangtua

 

Metode Pembelajaran    :   

1.         siswa mengadakan diskusi kelompok tentang perilaku hormat terhadap orang tua dengan teman-temannya

2.         Siswa berlatih untuk menunjukkan contoh-contoh perilaku hormat terhadap orang tua

3.         Siswa berlatih untuk menunjukkan cara menghormati orang tua

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan

F Apersepsi : memberikan perilaku hormat terhadap orang tua .

F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

2.    Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan

F Siswa memberikan contoh-contoh perilaku hormat terhadap orang tua

F Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa menyampaikan pendapat tentang manfaat perilaku hormat terhadap orang tua

F Siswa menghafalkan doa untuk kedua orang tua secara berkelompok

F Siswa mengemukakan hal-hal yang tidak boleh dilakukan berkaitan dengan bahan ajar dan cara menghindarinya             

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa melakukan aktivitas yang ada di halaman 88 dan 89. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Gambar-gambar peraga yang mencerminkan perilaku hormat terhadap orang tua

2.    Perilaku siswa yang hormat terhadap orang tua

3.    Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis

4     Buku-buku lain yang relevan

5.    Alquran (juz Amma)

6.    Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan

7.    Pengalaman guru

8.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh  Instrumen / Soal

Ø  Menunjukkan contoh perilaku hormat terhadap orangtua

 

 

 

Ø  Menampilkan perilaku hormat terhadap orangtua

 

Ø  Menunjukkan cara menghormati orangtua

Tes tulis

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

Tes tulis

 

Pilihan ganda

 

 

 

 

Jawaban singkat

 

 

Jawaban singkat

 

1.       Kepada orangtua kita harus ….?

a.       hormat

b.       malas

c.       takut

 

2.       Beri dua contoh bakti kepada orangtua!

 

 

3.       Bagaimana cara hormat kepada orangtua

 

 

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true