RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
: Pendidikan
Agama Islam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas /
Semester |
: III / 2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Standar
Kompetensi |
: 7. Membiasakan perilaku terpuji |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi
Dasar |
: 7.2 Menampilkan perilaku terpuji |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu |
: 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan) Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat memahami dan menjelaskan
pengertian perilaku kerja keras 2. Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh
perilaku kerja keras 3. Siswa dapat menyebutkan manfaat perilaku
kerja keras 4. Siswa mampu bersikap dan berperilaku kerja
keras
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Perilaku kerja keras.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas
bahan ajar perilaku kerja keras dan pengertiannya 2.
Siswa berlatih menunjukkan
contoh-contoh perilaku kerja keras 3.
Siswa berlatih menyebutkan manfaat kerja keras 4.
Siswa menerapkan perilaku kerja keras dalam praktik keseharian
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran: 1. Kegiatan Pendahuluan Apersepsi dan Motivasi : F
Memberikan
cerita singkat dan menarik yang berkaitan dengan bahan ajar F
Mengajukan
beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan perilaku kerja keras F Memperkenalkan bahan ajar
tentang perilaku kerja keras 2. Kegiatan Inti . & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F
Beberapa siswa membaca bahan ajar perilaku kerja keras, siswa
lainnya menyimak dengan baik F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru
tentang bahan ajar yang disajikan F
Siswa memberikan pendapatnya mengenai perilaku kerja keras dan pengertiannya & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F
Siswa menunjukkan contoh-contoh perilaku kerja keras F
Siswa menyebutkan manfaat dari perilaku kerja keras & Konfirmasi Dalam kegiatan
konfirmasi, guru: F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan 3. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F
Siswa
diminta melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar yang telah dipelajari secara
klasikal F
Mengadakan
tanya jawab dengan siswa tentang seputar perilaku kerja keras melalui
pengalaman siswa
Alat / Sumber Belajar: 1. Gambar peraga tentang perilaku kerja keras 2. Bahan cerita yang berkaitan dengan bahan
ajar 3. Ayat Alquran dan hadis yang berkaitan dengan
perilaku kerja keras 4. Buku Pendidikan Agama Islam. 5. Buku-buku lain yang relevan 6. Pengalaman guru 7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Format
Kriteria Penilaian 1.Produk ( hasil diskusi )
2.Performansi
3. Lembar
Penilaian
CATATAN : Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk
Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar