RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 3 Semester 2 T/A 2020

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

III / 2

Standar Kompetensi

7. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar

7.2 Menampilkan perilaku terpuji

Alokasi Waktu

3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran             :     1.     Siswa dapat memahami dan menjelaskan pengertian perilaku kerja keras

                                                    2.     Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku kerja keras

                                                    3.     Siswa dapat menyebutkan manfaat perilaku kerja keras

                                                    4.     Siswa mampu bersikap dan berperilaku kerja keras

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran              :     Perilaku kerja keras.

 

Metode Pembelajaran             :     1.     Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas bahan ajar perilaku kerja keras dan pengertiannya

2.           Siswa berlatih menunjukkan contoh-contoh perilaku kerja keras

3.           Siswa berlatih menyebutkan manfaat kerja keras

4.           Siswa menerapkan perilaku kerja keras dalam praktik keseharian

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.   Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

F Memberikan cerita singkat dan menarik yang berkaitan dengan bahan ajar  

F Mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan perilaku kerja keras

F Memperkenalkan bahan ajar tentang perilaku kerja keras

2.   Kegiatan Inti            .   

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Beberapa siswa membaca bahan ajar perilaku kerja keras, siswa lainnya menyimak dengan baik

F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan

F Siswa memberikan pendapatnya mengenai perilaku kerja keras dan pengertiannya

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa menunjukkan contoh-contoh perilaku kerja keras

F Siswa menyebutkan manfaat dari perilaku kerja keras

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa diminta melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar yang telah dipelajari secara klasikal

F Mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang seputar perilaku kerja keras melalui pengalaman siswa

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Gambar peraga tentang perilaku kerja keras

2.    Bahan cerita yang berkaitan dengan bahan ajar

3.    Ayat Alquran dan hadis yang berkaitan dengan perilaku kerja keras

4.    Buku Pendidikan Agama Islam.

5.    Buku-buku lain yang relevan

6.    Pengalaman guru

7.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

v  Menjelaskan pengertian perilaku kerja keras

v  Menunjukkan contoh perilaku kerja keras

v  Menyebutkan manfaat perilaku kerja keras

 

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

 

 

 

 

 

Pilihan ganda

Jawaban singkat

Essay

 

 

 

v  Rudi berhasil menjadi seorang dokter karena usahanya yang gigih. Rudi seseorang yang memiliki perilaku ….

a.   kerja keras

b.  dermawan

c.   rendah hati

v  Jelaskan pengertian perilaku kerja keras ?

v  Sebutkan contoh perilaku kerja keras ?

v  Sebutkan manfaat perilaku kerja keras ?

 

 

 

 

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true