RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN 3 KOTA JANTHO
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 8. Menceritakan
kisah Nabi
Kompetensi
Dasar : 8.1 Menceritakan
kisah Nabi Ibrahim AS
Alokasi
Waktu : 3 ´
35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan orang tuanya
2. Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi Ibrahim
dengan Raja Namrud
3. Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi Ibrahim
dalam menghadapi ujian
4. Siswa dapat meneladani perilaku sabar dan
keteguhan hati Nabi Ibrahim dalam
praktik keseharian mereka
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian (respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility ),
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi
Pembelajaran : Kisah
Nabi Ibrahim AS (lihat buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 8 )
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dan Tanya jawab dengan teman-temannya
membahas kisah Nabi Ibrahim AS dengan orangtuanya, Nabi Ibrahim dengan Raja
Namrud, Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian
2. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah
Nabi Ibrahim AS dengan orang tuanya, Nabi Ibrahim dengan Raja Namrud dan Nabi
Ibrahim dalam menghadapi ujian
3. Siswa memperaktikan perilaku sabar dan
keteguhan hati Nabi Ibrahim dalam praktik keseharian mereka
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Memberikan
pertanyaan kepada siswa tentang kisah-kisah Nabi yang telah dipelajari
sebelumnya
F
Memberikan
pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan melalui fitur mutiara islam
2. Kegiatan Inti .
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Beberapa siswa membacakan kisah Nabi Ibrahim, sedangkan siswa yang
lain menyimak dengan baik
F
Siswa
mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa menceritakan kembali kisah Nabi Ibrahim AS dengan
orantuanya menggunakan bahasa sendiri secara kelompok dan individu
F
Siswa
menceritakan kembali kisah Nabi Ibrahim AS dengan orangtuanya menggunakan
bahasa sendiri secara kelompok dan individu
F
Siswa
menceritakan kembali tentang kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian secara
kelompok dan individu dengan bahasa sendiri
F
Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang perilaku sabar dan
ketaguhan hati Nabi Ibrahim AS
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang kisah Nabi Ibrahim AS yang telah di
pelajari
F
Guru
memberikan kesimpulan ringkas tentang materi yang disampaikan
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks kisah Nabi
2. Buku Pendidikan Agama
Islam.
3. Buku kisah-kisah Nabi
atau buku lain yang relevan
4. Kaset/CD tentang kisah
Nabi
5. Alquran (Juz Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal
|
Ø
Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan orang
tuanya Ø
Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan raja
Namrud Ø
Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi
ujian Ø
Meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati
Nabi Ibrahim |
Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis |
Jawaban singkat Jawaban singkat Jawaban singkat Essay |
1.
Siapakah nama ayah Nabi 2.
Mengapa raja Namrud mengeluarkan perintah
membunuh setiap bayi laki-laki? 3.
Apa mujizat Nabi 4.
Apa mujizat Nabi |
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar *
semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama Partisipasi |
*
bekerjasama *
kadang-kadang kerjasama *
tidak bekerjasama *
aktif berpartisipasi *
kadang-kadang aktif *
tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar
Penilaian
No |
Nama
Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah
Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5... |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang
belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN ……. …………………………….. NIP. …………………… |
Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI .................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar