RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Semester 2 T/A 2020

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Nama Sekolah                      :   SDN 3 KOTA JANTHO

Mata Pelajaran                     :   Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester                  :   IV / 2

Standar Kompetensi            :   8.   Menceritakan kisah Nabi

Kompetensi Dasar               :   8.1  Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS

Alokasi Waktu                      :   3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

 

Tujuan Pembelajaran           :   1.   Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan orang tuanya

                                                2.   Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dengan Raja Namrud

                                                3.   Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian

                                                4.   Siswa dapat meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim dalam  praktik keseharian mereka

 

Karakter siswa yang diharapkan  : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian  (respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran            :         Kisah Nabi Ibrahim AS (lihat buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 NTR Esis bab 8 )

 

Metode Pembelajaran           :   1.   Siswa mengadakan diskusi dan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas kisah Nabi Ibrahim AS dengan orangtuanya, Nabi Ibrahim dengan Raja Namrud, Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian

                                                2.   Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Nabi Ibrahim AS dengan orang tuanya, Nabi Ibrahim dengan Raja Namrud dan Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian

                                                3.   Siswa memperaktikan perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim dalam praktik keseharian mereka

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

F Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang kisah-kisah Nabi yang telah dipelajari sebelumnya

F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan melalui fitur mutiara islam

2.    Kegiatan Inti          .          

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Beberapa siswa membacakan kisah Nabi Ibrahim, sedangkan siswa yang lain menyimak dengan baik

F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa menceritakan kembali kisah Nabi Ibrahim AS dengan orantuanya menggunakan bahasa sendiri secara kelompok dan individu

F Siswa menceritakan kembali kisah Nabi Ibrahim AS dengan orangtuanya menggunakan bahasa sendiri secara kelompok dan individu

F Siswa menceritakan kembali tentang kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian secara kelompok dan individu dengan bahasa sendiri

F Siswa mengemukakan pendapatnya tentang perilaku sabar dan ketaguhan hati Nabi Ibrahim AS

&  Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang kisah Nabi Ibrahim AS yang telah di pelajari

F Guru memberikan kesimpulan ringkas tentang materi yang disampaikan

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Teks kisah Nabi Ibrahim AS

2.    Buku Pendidikan Agama Islam.

3.    Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang relevan

4.    Kaset/CD tentang kisah Nabi Ibrahim AS

5.    Alquran (Juz Amma)

6.    Pengalaman guru

7.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal  

Ø  Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan orang tuanya

Ø  Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan raja Namrud

Ø  Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian

Ø  Meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim

 

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

 

Jawaban singkat

Jawaban singkat

Jawaban singkat

Essay

1.         Siapakah nama ayah Nabi Ibrahim AS?

 

2.         Mengapa raja Namrud mengeluarkan perintah membunuh setiap bayi laki-laki?

3.         Apa mujizat Nabi Ibrahim AS!

4.         Apa mujizat Nabi Ibrahim AS!

 

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5...

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN …….

 

 

 

 

……………………………..

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              2020

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

..................................

NIP. .............................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true