RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Materi
Pokok : Mari Belajar al-Qur’an Surat al-Ma’un
Sub
Materi :
Makna Kandungan Surat al-Ma’un
Alokasi
Waktu : 4 X 35
Menit
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode
literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap
menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan
pendapat, siswa dapat :
Ø Mengetahui makna Q.S.
al-Mā’ūn dengan benar.
Ø Memiliki sikap suka
menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Mā’ūn.
B. LANGKAH
- LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
KEGIATAN PENDAHULUAN (15 Menit) |
|
Penguatan
Pendidikan Karakter |
v Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin |
v Mengaitkan materi pembelajaran yang
akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya,
mengingatkan kembali materi dengan bertanya,
|
|
v Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari materi Makna Kandungan Surat
al-Ma’un.dalam kehidupan sehari-hari |
|
v Memberitahukan tentang tujuan
pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM
pada pertemuan yang sedang berlangsung v Pembagian kelompok belajar |
|
KEGIATAN
INTI ( 170 Menit) |
|
Literasi |
v Peserta didik diberi stimulus atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada Makna
Kandungan Surat al-Ma’unS. al-Mā’ūn.
melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) Mengamati Ø Guru
menayangkan gambar mengenai materi makna kandungan surat al-Ma’un. Untuk
gambar ini dapat dilihat pada Buku Siswa. |
Critical
Thinking |
v Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan
tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran
tentang Makna Kandungan Surat al-Ma’un, Misalnya Ø Sikap
terpuji apa sajakah yang dapat diambil dari surat al-Ma’un? |
Collaboration
(Kerja Sama) |
Siswa
berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku v Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Makna Kandungan Surat
al-Ma’un Ø Peserta
didik diminta untuk membentuk kelompok
Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan
informasi dan mengasosiasi/menganalisis melalui diskusi kelompok: Setiap
kelompok diminta untuk membaca Q.S. al- Ma'un dan mencermati artinya. Ø Peserta
didik secara kelompok mendiskusikan mengapa surat ini diawalidengan
pertanyaan “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Ø Selanjutnya,
secara berkelompok peserta didik mendiskusikan sikap terpujiyang dapat
diambil dari Q.S. al- Ma’un. Ø Secara
bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok
lainnya memperhatikan/menyimak serta memberikan tanggapan. Ø Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik
tentang materi tersebut. |
Communication
(Komunikasi |
Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu v Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan tentang Makna Kandungan Surat
al-Ma’un dan ditanggapi oleh kelompok
yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi yang dilakukan, dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
Creativity
(Kreativitas |
Kesimpulan
Pembelajaran v Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan
tentang Makna Kandungan Surat
al-Ma’un v Peserta didik bertanya tentang hal
yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada
siswa berkaitan dengan yang akan
selesai dipelajari |
PENUTUP
(15 Menit) |
|
Peserta
didik |
v Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
Guru |
v Memeriksa pekerjaan peserta didik
yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan
penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik
dalam kegiatan pembelajaran. v Memberikan tugas kepada peserta
didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan
dibahas dipertemuan berikutnya. |
C. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
Tes
Tertulis |
: Menjelaskan Makna Kandungan
Surat al-Ma’un |
|||
|
Proyek |
:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar