RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
: Pendidikan
Agama Islam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas /
Semester |
: III / 2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Standar
Kompetensi |
: 7. Membiasakan perilaku terpuji |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi
Dasar |
: 7.3 Menampilkan perilaku penyayang terhadap
hewan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu |
: 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan) Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat memahami dan menjelaskan
cara menyayangi hewan dengan benar 2. Siswa dapat menunjukkan manfaat
menyayangi hewan 3. Siswa mampu bersikap dan
berperilaku penyayang terhadap hewan
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Perilaku penyayang terhadap hewan.
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan
teman-temannya membahas bahan ajar tentang cara menyayangi hewan dengan benar 2.
Siswa menyebutkan cara menyayangi hewan dengan benar 3.
Siswa menunjukkan manfaat menyayangi hewan 4.
Siswa menerapkan perilaku penyayang terhadap hewan dalam praktik keseharian
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran: 1. Kegiatan Pendahuluan Apersepsi dan Motivasi : F
Memberikan
cerita singkat dan menarik yang berkaitan dengan bahan ajar F
Mengajukan
beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan perilaku penyayang terhadap hewan F
Memperkenalkan
bahan ajar tentang perilaku penyayang terhadap hewan (melalui fitur Mutiara
Islam) 2. Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F
Beberapa
siswa membaca bahan ajar perilaku penyayang terhadap hewan siswa lainnya
menyimak dengan baik F
Siswa
mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
& Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F
Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai cara menyayangi hewan
dengan benar F
Siswa menunjukkan manfaat menyayangi hewan & Konfirmasi Dalam kegiatan
konfirmasi, guru: F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan 3. Kegiatan
Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F
Mengadakan
tanya jawab dengan siswa tentang seputar perilaku penyayang terhadap hewan F Siswa diminta menulis lima contoh perilaku penyayang
terhadap hewan dan menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber Belajar: 1. Gambar
peraga tentang perilaku penyayang terhadap hewan 2. Cerita
menarik yang berkaitan dengan bahan ajar 3. Ayat
Alquran dan hadis yang berkaitan dengan perilaku kerja keras 4. Buku
Pendidikan Agama Islam. 5. Alquran
(Juz Amma) 6. Pengalaman
guru 7. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Format
Kriteria Penilaian 1.Produk ( hasil diskusi )
2.Performansi
3. Lembar
Penilaian
CATATAN : Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk
Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar