RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 3 Semester 2 T/A 2020

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

III / 2

Standar Kompetensi

7. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar

7.3 Menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan

Alokasi Waktu

3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran             :  1.        Siswa dapat memahami dan menjelaskan cara menyayangi hewan dengan benar

                                                2. Siswa dapat menunjukkan manfaat menyayangi hewan

                                                3. Siswa mampu bersikap dan berperilaku penyayang terhadap hewan

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran              :     Perilaku penyayang terhadap hewan.

 

Metode Pembelajaran             :     1.     Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas bahan ajar tentang cara menyayangi hewan dengan benar

2.           Siswa menyebutkan cara menyayangi hewan dengan benar

3.           Siswa menunjukkan manfaat menyayangi hewan

4.           Siswa menerapkan perilaku penyayang terhadap hewan dalam praktik keseharian

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.   Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

F Memberikan cerita singkat dan menarik yang berkaitan dengan bahan ajar 

F Mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan perilaku penyayang terhadap hewan

F Memperkenalkan bahan ajar tentang perilaku penyayang terhadap hewan (melalui fitur Mutiara Islam)

2.   Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Beberapa siswa membaca bahan ajar perilaku penyayang terhadap hewan siswa lainnya menyimak dengan baik

F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan

 

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai cara menyayangi hewan dengan benar

F Siswa menunjukkan manfaat menyayangi hewan

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.    Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang seputar perilaku penyayang terhadap hewan

F Siswa diminta menulis lima contoh perilaku penyayang terhadap hewan dan menulisnya di buku tugas

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Gambar peraga tentang perilaku penyayang terhadap hewan

2.    Cerita menarik yang berkaitan dengan bahan ajar

3.    Ayat Alquran dan hadis yang berkaitan dengan perilaku kerja keras

4.    Buku Pendidikan Agama Islam.

5.    Alquran (Juz Amma)

6.    Pengalaman guru

7.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

v  Menuliskan huruf-huruf Alquran

v  Menuliskan huruf-huruf Alquran melalui kata

v  Menuliskan huruf Alquran melalui kalimat/ayat

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

 

 

 

 

 

Penulisan

Penulisan

Penulisan

 

 

v  Tuliskan huruf-huruf Alquran dengan benar

v  Tuliskan kata-kata di bawah ini dengan huruf Alquran sambung:

a.   taidakhraga

b.   alimun

c.   markazun

v  Tuliskan kalimat-kalimat dibawah ini dengan huruf Alquran sambung:

a.   di ashabil fil

b.   yaj’ai kaidahum

c.   tairan abadil

 

 

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true