RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN 3 KOTA JANTHO
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 9. Membiasakan
perilaku terpuji
Kompetensi
Dasar : 9.2 Meneladani
perilaku Nabi Ismail AS
Alokasi
Waktu : 3 ´
35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat meneladani perilaku ketaatan Nabi Ismail terhadap
orangtuanya dan Allah SWT
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian (respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility ),
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi
Pembelajaran : Ketaatan
Nabi Ismail terhadap orangtuanya dan
Allah SWT
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas ketaatan
Nabi Ismail terhadap orangtuanya dan Allah SWT
2. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah
ketaatan Nabi Ismail terhadap orangtuanya dan Allah SWT
3. Siswa meneladani perilaku sabar dan taat
dalam kehidupan sehari-hari
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Tadarus
bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F
Memberikan
pertanyaan kepada siswa seputar pemahaman siswa tentang kisah Nabi Ismail AS
yang telah dipelajari sebelumnya
F
Memberikan
pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan melalui fitur mutiara Islam
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Beberapa siswa membacakan kisah Nabi Ismail AS sedangkan siswa
yang lain menyimak dengan baik
F
Siswa
mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa menceritakan kembali kisah ketaatan Nabi Ismail AS
terhadap orangtuanya dan Allah SWT menggunakan bahasa sendiri secara kelompok
dan individu
F
Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang ketaatan Nabi Ismail AS terhadap orangtuanya
dan Allah SWT
F
Siswa
memberikan contoh perilaku taat terhadap orang tua dari pengalaman merekea
sehari-hari
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
melakukan aktivitasyang ada di hal
F
Guru perlu
memberikan arahan dan petunjuk kepada siswa sebelum melakukan aktivitas
F
Siswa
menyimak bacaan intisari yang disampaikan guru
F Siswa diminta mengerjakan
latihan yang ada di halaman dan menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks kisah Nabi
2. Buku Pendidikan Agama
Islam
3. Buku kisah-kisah Nabi
atau buku lain yang relevan
4. Kaset/CD tentang kisah
Nabi
5. Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
Ø
Meneladani ketaatan Nabi Ismail terhadap
orangtua dan Allah SWT |
Tes tulis |
Jawaban singkat |
1.
Jelaskan bagaimana ketaatan Nabi
Ismail terhadap ayahnya dan Allah SWT ketika perintah untuk disembelih
kepadanya? |
Ø
Meneladani perilaku sabar dan taat dalam
kehidupan sehari-hari |
Tes tulis |
Jawaban singkat |
2.
Karena kepatuhan Ismail terhadap Allah dan Bapaknya, apa yang ia dapat? |
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar *
semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama Partisipasi |
*
bekerjasama *
kadang-kadang kerjasama *
tidak bekerjasama *
aktif berpartisipasi *
kadang-kadang aktif *
tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar
Penilaian
No |
Nama
Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah
Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN ……. …………………………….. NIP. …………………… |
Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI .................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar