RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 3 Semester 2 T/A 2020

 

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

III / 2

Standar Kompetensi

5. Mengenal ayat-ayat Alquran

Kompetensi Dasar

5.2  Menulis huruf Alquran

Alokasi Waktu

3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran           :   1.   Siswa dapat menuliskan huruf-huruf Alquran

                                                2.   Siswa dapat menulis huruf-huruf Alquran melalui kata

                                                3.   Siswa dapat menulis huruf Alquran melalui kalimat/ayat

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran            :   Menulis ayat-ayat Alquran.

 

Metode Pembelajaran           :   1.   Siswa berlatih menulis huruf-huruf Alquran melalui kata, kalimat/ayat Alquran secara individu

                                                2.   Siswa berlatih merangkaikan huruf-huruf Alquran menjadi sebuah kata, kalimat/ayat Alquran secara individu

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.   Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

F Guru mengulang kembali uraian tentang huruf-huruf Alquran dan cara membacanya secara ringkas

F Memperkenalkan bahan ajar mengenai cara menulis huruf-huruf Alquran

2.   Kegiatan Inti            .   

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa diperkenalkan cara menulis huruf-huruf  Alquran baik melalui kata, kalimat/ayat Alquran

F Siswa menyalin huruf-huruf Alquran menjadi sebuah kata, kalimat/ayat Alquran

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa merangkaikan huruf-huruf Alquran menjadi sebuah kata, kalimat/ayat Alquran

F Siswa mengerjakan tugas-tugas dari guru

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa membaca dan memahami bacaan pada intisari

F Siswa mengerjakan latihan dan ditulis di buku tugas

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Tulisan huruf-huruf Alquran di karton atau papan tulis

2.    Tulisan huruf-huruf Alquran dalam kata-kata di karton atau papan tulis

3.    Tulisan ayat-ayat Alquran di karton atau papan tulis

4.    Buku Pendidikan Agama Islam

5.    Buku tajwid

6.    Kaset dan CD tentang cara penulisan huruf-huruf Alquran

7.    Alquran (juz Amma)

8.    Pengalaman guru

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

👉        Menuliskan huruf-huruf Alquran

👉        Menuliskan huruf-huruf Alquran melalui kata

👉        Menuliskan huruf Alquran melalui kalimat/ayat

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

 

 

 

 

 

Penulisan

Penulisan

Penulisan

 

 

👉        Tuliskan huruf-huruf Alquran dengan benar

👉        Tuliskan kata-kata di bawah ini dengan huruf Alquran sambung:

  1. taidakhraga
  2. alimun
  3. markazun

 

👉        Tuliskan kalimat-kalimat dibawah ini dengan huruf Alquran sambung:

a.       di ashabil fil

b.       yaj’ai kaidahum

c.       tairan abadil

 

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true