( RPP )
SD |
: |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
: Pendidikan
Agama Islam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas / Semester |
: III / 2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Standar Kompetensi |
: 5. Mengenal ayat-ayat Alquran |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar |
: 5.2 Menulis huruf Alquran |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu |
: 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan) Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat menuliskan huruf-huruf Alquran 2. Siswa dapat menulis huruf-huruf Alquran
melalui kata 3. Siswa dapat menulis huruf Alquran melalui
kalimat/ayat
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi
Pembelajaran : Menulis ayat-ayat
Alquran.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih menulis huruf-huruf Alquran melalui kata, kalimat/ayat
Alquran secara individu 2. Siswa berlatih merangkaikan huruf-huruf
Alquran menjadi sebuah kata, kalimat/ayat Alquran secara individu
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran: 1. Kegiatan Pendahuluan Apersepsi dan Motivasi : F
Guru
mengulang kembali uraian tentang huruf-huruf Alquran dan cara membacanya secara
ringkas F Memperkenalkan bahan ajar mengenai cara menulis huruf-huruf Alquran 2. Kegiatan Inti . & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F
Siswa diperkenalkan cara menulis huruf-huruf Alquran baik melalui kata, kalimat/ayat
Alquran F
Siswa menyalin huruf-huruf Alquran menjadi sebuah kata, kalimat/ayat Alquran & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F
Siswa merangkaikan huruf-huruf Alquran menjadi sebuah kata,
kalimat/ayat Alquran F
Siswa mengerjakan tugas-tugas dari guru & Konfirmasi Dalam kegiatan
konfirmasi, guru: F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan 3. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F
Siswa
membaca dan memahami bacaan pada intisari F Siswa mengerjakan latihan dan ditulis di buku
tugas
Alat / Sumber Belajar: 1. Tulisan
huruf-huruf Alquran di karton atau papan tulis 2. Tulisan
huruf-huruf Alquran dalam kata-kata di karton atau papan tulis 3. Tulisan
ayat-ayat Alquran di karton atau papan tulis 4. Buku
Pendidikan Agama Islam 5. Buku
tajwid 6. Kaset dan CD tentang
cara penulisan huruf-huruf Alquran 7. Alquran (juz Amma) 8. Pengalaman guru
Penilaian:
Format
Kriteria Penilaian 1.Produk ( hasil diskusi )
2.Performansi
3. Lembar
Penilaian
CATATAN : Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar