RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 3 Semester 2 T/A 2020

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

III / 2

Standar Kompetensi

5. Mengenal ayat-ayat Alquran

Kompetensi Dasar

5.1 Membaca huruf-huruf Alquran

Alokasi Waktu

3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)


Tujuan Pembelajaran         :   1. Siswa dapat melafalkan huruf-huruf Alquran

2.   Siswa dapat melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kata

3.   Siswa dapat melafalkan huruf Alquran melalui kalimat/ayat

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran          :   Membaca ayat-ayat Alquran.

 

Metode Pembelajaran         :   1. Siswa berlatih melafalkan huruf-huruf Alquran secara klasikal dan berkelompok

2.   Siswa berlatih melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kata secara klasikal, kelompok dan individu

3.   Siswa berlatih melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kalimat/ayat Alquran secara klasikal, kelompok dan individu

4.   Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang cara melafalkan huruf Alquran baik dalam kata kalimat/ayat Alquran

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.   Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa

F Memperkenalkan bahan ajar mengenai huruf-huruf Alquran (melalui fitur Mutiara Islam dan sepenggal kisah)

2.   Kegiatan Inti.                .   

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Guru memperkenalkan cara melafalkan huruf-huruf Alquran baik melalui kata, kalimat/ayat

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa melafalkan huruf-huruf Alquran secara klasikal dan kelompok

F Siswa melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kata secara klasikal, kelompok dan individu

F Siswa melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kalimat/ayat Alquran secara klasikal, kelompok dan individu

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang cara melafalkan huruf Alquran dalam kata, kalimat atau ayat Alquran

F Siswa menyimpulkan kisah yang ada dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Tulisan huruf-huruf Alquran di karton atau papan tulis

2.    Tulisan huruf-huruf Alquran dalam kata-kata di karton

3.    Tulisan huruf-huruf Alquran di karton

4.    Buku Pendidikan Agama Islam.

5.    Buku tajwid

6.    Buku-buku lain yang relevan

7.    Kaset dan CD tentang cara baca Alquran

8.    Alquran (juz Amma)

9.    Pengalaman guru

 

Penilaian:                     

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

👉        Melafalkan huruf-huruf Alquran

👉        Melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kata

👉        Melafalkan huruf Alquran melalui kalimat/ayat

Tes lisan

Tes lisan

Tes lisan

 

 

 

 

Pelafalan

Pelafalan

Pelafalan

 

👉     Lafalkan bacaan huruf-huruf Alquran dengan benar!

👉     Lafalkan huruf-huruf Alquran melalui kata-kata dibawah ini:

  1. كُنْتُمْ
  2. بَصِيْرٌ

c.        يُكَسِّرُ

👉     Lafalkan kalimat-kalimat berikut:

a.       يَحْفَظُ اَبْصَارَهُمْ

b.       خَلَقَ الاِْ نْسَانَِ

c.       بِمَاتَعْمَلُوْنَ

 

 

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true