RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD |
: |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran |
: Pendidikan
Agama Islam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas / Semester |
: III / 2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Standar Kompetensi |
: 7. Membiasakan perilaku terpuji |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar |
: 7.1 Menampilkan perilaku setia kawan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu |
: 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan) Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa
dapat memahami dan menjelaskan pengertian perilaku setia kawan 2. Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh
perilaku setia kawan 3. Siswa dapat menyebutkan manfaat setia kawan 4. Siswa mampu bersikap dan berperilaku setia kawan
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Perilaku setia kawan.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi
dengan teman-temannya membahas bahan ajar perilaku setia kawan dan
pengertiannya 2. Siswa berlatih menunjukkan contoh-contoh perilaku
setia kawan 3. Siswa berlatih menyebutkan manfaat setia
kawan 4. Siswa menerapkan perilaku setia kawan dalam
praktik kesehariannya
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran: 1. Kegiatan Pendahuluan Apersepsi dan Motivasi : F
Memberikan
cerita singkat dan menarik yang berkaitan dengan bahan ajar (melalui kisah
dalam sepenggal kisah) F
Mengajukan
beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan perilaku setia kawan F Memperkenalkan bahan ajar
tentang perilaku setia kawan 2. Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F
Beberapa
siswa membaca bahan ajar perilaku setia kawan, siswa lainnya menyimak dengan
baik F
Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F
Siswa
mengartikan perilaku setia kawan F
Siswa
menunjukkan contoh-contoh perilaku setia kawan F
Siswa menyebutkan manfaat dari perilaku setia kawan & Konfirmasi Dalam kegiatan
konfirmasi, guru: F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan 3. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F
Siswa
diminta melakukan aktivitas. F
Mengadakan
Tanya jawab dengan siswa tentang seputar perilaku setia kawan melalui
pengalaman siswa F
Siswa
diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri Alat / Sumber Belajar: 1. Gambar peraga tentang perilaku setia kawan 2. Bahan cerita yang berkaitan dengan bahan
ajar 3. Ayat Alquran dan hadis yang berkaitan dengan
perilaku setia kawan 4. Buku Pendidikan Agama Islam. 5. Buku-buku lain yang relevan 6. Pengalaman guru 7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Format
Kriteria Penilaian 1.Produk ( hasil diskusi )
2.Performansi
3. Lembar
Penilaian
CATATAN : Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk
Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar