RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 3 Semester 2 T/A 2020

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

SD

:

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester

III / 2

Standar Kompetensi

7. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar

7.1 Menampilkan perilaku setia kawan

Alokasi Waktu

3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran         :     1.   Siswa dapat memahami dan menjelaskan pengertian perilaku setia kawan

                                                2.   Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku setia kawan

                                                3.   Siswa dapat menyebutkan manfaat setia kawan

                                                4.   Siswa mampu bersikap dan berperilaku setia kawan

 

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

 

Materi Pembelajaran          :     Perilaku setia kawan.

 

Metode Pembelajaran         :     1.   Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas bahan ajar perilaku setia kawan dan pengertiannya

                                                2.   Siswa berlatih menunjukkan contoh-contoh perilaku setia kawan

3.   Siswa berlatih menyebutkan manfaat setia kawan

4.   Siswa menerapkan perilaku setia kawan dalam praktik kesehariannya

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.   Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

F Memberikan cerita singkat dan menarik yang berkaitan dengan bahan ajar (melalui kisah dalam sepenggal kisah)

F Mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan perilaku setia kawan

F Memperkenalkan bahan ajar tentang perilaku setia kawan

2.   Kegiatan Inti           

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Beberapa siswa membaca bahan ajar perilaku setia kawan, siswa lainnya menyimak dengan baik

F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa mengartikan perilaku setia kawan

F Siswa menunjukkan contoh-contoh perilaku setia kawan

F Siswa menyebutkan manfaat dari perilaku setia kawan

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa diminta melakukan aktivitas.

F Mengadakan Tanya jawab dengan siswa tentang seputar perilaku setia kawan melalui pengalaman siswa

F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri

 

Alat / Sumber Belajar:

1.    Gambar peraga tentang perilaku setia kawan

2.    Bahan cerita yang berkaitan dengan bahan ajar

3.    Ayat Alquran dan hadis yang berkaitan dengan perilaku setia kawan

4.    Buku Pendidikan Agama Islam.

5.    Buku-buku lain yang relevan

6.    Pengalaman guru

7.    Lingkungan sekitar

 

Penilaian:

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Ø  Menjelaskan pengertian perilaku setia kawan

Ø  Menunjukkan contoh-contoh perilaku setia kawan

Ø  Menyebutkan manfaat setia kawan

 

 

Tes tulis

 

Tes tulis

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

Essay

 

Pilihan ganda

 

Jawaban singkat

 

 

Ø  Apa yang kamu ketahui mengenai pengertian perilaku setia kawan?

Ø  Sikap kita ketika melihat teman dalam kesulitan adalah ….

a.       menertawakan

b.       menghinanya

c.       membantunya

Ø  Apa saja manfaat yang dapat diambil dari perilaku setia kawan?

 

 

 

 

 

 

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

2.Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN……….

 

 

 

 

…………………………

NIP. ……………………

Kota Jantho,                              20……

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

………………………………..

NIP. ……………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAS PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

https://docs.google.com/document/d/1YgelBNTn40RnEtBWlJPdNjvoRcakbbJB/edit?usp=sharing&ouid=101739505118516611094&rtpof=true&sd=true